Layanan purna jual dalam pemasaran sangat penting!

Layanan purna jual dalam pemasaran sangat penting!
Hallo sobat marketer.. layanan purna jual adalah layanan yang diberikan oleh instansi/dapartemen penjualan setelah konsumen melakukan pembelian. menurut ahli pemasaran philip khotler: layanan purna jual adalah layanan yang diberikan perusahaan pada konsumen setelah terjadinya transaksi penjualan. menurut hindle dan thomas dalam fandy tjiptono: layanan purna jual suatu layanan yang disediakan oleh produsen kepada konstmen setelah konsumen membeli produk dari perusahaan tersebut.
layanan purna jual termasuk kedalam pelayanan prima dalam menarik langganan.
komponen layanan purna jual:
* garansi: merupakan salah satu faktor penthng dalam melaksanakan layanan purna jual seperti dikatakan oleh thomas a gannan " a warranty assures the buyer that a product is of kind specified (meet specification) and is free of encumbrances (defect work man ship or material a guarentee assures that a product performance with amply with the warranti, simply stated if the product does not melt the term of the listed warranty it will be repaired or replaced at the option of seller" sangat jelas sekali disana dimana katanya garansi ditunjukan untuk meyakinkan konsumen bahwa: produk dalam keadaan baik bebas dari kerusakan dari tidak teliti pengerjaan dan penggunaan material yang kurang baik yang berlaku untuk jangka tertentu.

baca juga: 

Komunikasi bisnis / Komunikasi ditempat kerja


* penyediaan aksesoris:
sering disebut juga suku cadang merupakan hal yang sangat penting sebab tanpa ada suku cadang produk yang rusak komponennya tidak dapat difungsikan dengan baik. penyediaan aksesoris salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam usaha untuk memuaskan konsumen yang pada akhirnya akan mempertahankan loyalitas pelanggan.

* pelayanan pemeliharaan dan perbaikan diperlakukan apabila suatu produk memiliki masa konsumsi yang lama dan memerlukan perawatan yang teratur agar dapat selalu berfungsi dengan baik dan juga untuk melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi pada produk selama pemakaian.

* fasilitas dan perlengkapan: merupakan 
sarana untuk melakukan layanan purna jual.

STrategi layanan purna jual terdapat 3 alternatif yang dimiliki perusahaan dalam memberi layanan ini

* produsen dapat membuat perjanjian dengan distributor dan dealer untuk memberikan jasa itu.
* produsen dapat memberikan jasa itu kepada perusahaan spesialis dalam bidang itu
* produsen dapat membebaskan pelanggan melakukan jasa ini sendiri.

jadi intinya layanan purna jual ini adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan setelah konsumen membeli produknya yang dimaksudkan untuk agar loyalitas atau kesetiaan konsumen terjaga..

itulah ulasan kita sedikit mengenai pelayanan purna jual semoga anda dapat memahaminya.. dan semoga bermanfaat.. silahkan beri komentar anda dibawah yah..

Baca juga: Melayani pelanggan dengan cara berpenampilan serasi: penting jika anda seorang marketer!!!


Klasifikasi/Pengelompokan barang dalam pemasaran

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2