Lini produk (Product line) | Pengetahuan barang dan jasa

Lini produk (Product line) | Pengetahuan barang dan jasa
Halo sobat marketer.. dikesempatan ini kita akan membahas lini produk, pengertian lini produk, klasifikasi line produk/line product ,
line product: adalah sekelompok produk yang saling terkait karena melakukan fungsi yang sama (mirip dijual kepada kelompok pelanggan yang sama dipasarkan melalui saluran distribusi yang sama dan memiliki kisaran harga tertentu) ex: susu bendera mengeluarkan produk dengan kemasan kotak dan botol harga beda tapi fungsi sama.
saya kira cukup mudah dipahami yah pengertian lini produk.. selanjutnya:

baca juga:

Penjualan berbasis data | Salah satu pengontrol hara produk dipasaran!!!

klasifikasi lini produk:
* line dept/kedalam lini maksudnya mengapa pada jumlah varian produk dalam satu lini, ex: lifeboy mempunyai bermacam fungsi atau jenis seperti: sabun mandi padat/cair, shampo botol/shaset.
jadi intinya adalah produk line dept ini membagi suatu produk lebih dalam lagi.
* line consistency/konsistensi lini maksudnya: mengapa pada seberapa dekat hubungan antar produk dalam satu lini, ex: sabun mandi dengan shampo, sambal dengan saus.
* line vulnerability /tingkat kekuatan lini, mengacu pada presentase keuntungan yang dapat diambil dari seberapa kecil produk dalam satu lini. memperbanyak produk yang laku dan mengurangi produk kurang laku.
* line of produc
t mix /lini bauran produk, satu perusahaan memproduksi banyak produk ex: unilever sabun mandi, sabun kain, pasta gigi, shampo, minuman dll
* product line widht, perusahaan unilever meluncurkan produk yang berbeda-beda seperti: sunsilk, life boy, rinso, surf, olto, clear dll.
* bauran produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang akan ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu.

didalam bauran produk terdapat berbagai lini produk, lini produk adalah kelompok produk didalam kelas produk yang berhubungan erat karena mempunyai fungsi yang serupa dijual pada kelompok pelanggan yang sama dipasarkan melalui saluran yang sama atau masuk dalam kisaran harga tertentu. bauran produk suatu perusahaan memiliki panjang, lebar, kedalaman dan konsistensi tertentu  
lebar bauran produk: mengacu pada jumlah lini produk berbeda yang ditawarkan perusahaan.
baca juga: 

Kemasan dan merek produk | Belajar dasar pengetahuan pengemasan!!!

panjang bauran produk: mengacu pada jumlah seluruh jenis barang yang dibuat perusahaan

kedalaman bauran produk: merujuk pada jumlah versi yang ditawarkan dari setiap produk dalam lini.

konsistensi bauran produk: merujuk pada seberapa dekat hubungan berbagai lini produk dalam pemakaian akhir, persyaratan produksi, saluran distribusi dan lainnya.

dari keempat dimensi bauran produk itu memumgkinkan perusahaan memperltas bisnisnya misal dengan cara perusahaan menambah lini produk baru, memperpanjang tiap lini dan sebagainya.

itu lah penjelasan dan uraian yang kami rinci-rinci semoga anda bisa memahami dan mengerti dan juga bermanfaat untuk anda yah.

kategori: Pengetahuan produk (produk knowledge)

Baca juga: Mengurus surat izin usaha perusahaan ini penjelasan secara rincinya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2