Melayani pelanggan dengan cara berpenampilan serasi: penting jika anda seorang marketer!!!

Melayani pelanggan dengan cara berpenampilan serasi: penting jika anda seorang marketer!!!
Hallo sobat marketer.. pada kesempatan ini kita akan mengulas mengenai pelayanan kepada pelanggan atau konsumen, pelayanan pada customer, memberi pelayanan melalui penampilan.
pertama menampijan sikap dan prilaku menjual (attitude) yaitu pemberian pelayanan kepada pelanggan dengan sikap yang cik. pelayanan prima berdasarkan sikap antara lain dilakukan dengan penampilan serasi, pelayanan dengan berfikiran positif, dan menghargai pelanggan.
pelayanan berpenampilan serasi: pelayanan seperti ini sangat penting bagi setiap orang. dengan berpenampilan serasi dan menarik kita akan dihormati oleh orang lain sebalinya, apabila kita berpenampilan seronok maka orang lain tidak akan menghargainya ex: orang gemuk tidak serasi memakai pakaian ketat, malam hari tidak serasi memakai kacamata hitam.
penampilan serasi dengan cara berhias. penampilan serasi dapat dilakukan dengan berhias yang baik, berhias hendaknya tidak berlebihan agar tidak terkesan norak. seorang pelayan pria dikatakan serasi apabil rambut, kumis, janggu dan jambang dicukur rapi, kuku tidak panjang. pakain yang dikenakan tampak rapi.
baca juga: 
5 Pemegang kepentingan yang lebih utama dalam bisnis!!!aksesoris untuk pria:

topi/peci, cincin, ikat pinggang, kaca mata, sepatu.

rambut wanita, dipotong rapi, diikat, bila panjang memakai perhiasan yang tidak berlebihan. bermek up secara sederhana, berbusana rapi, menhunakan wewangin secukupnya saja, ingat!! perhatikan profesionalitas.
aksesoris untuk wanita:
kalung, gelang, anting, hiasan rambut, sepatu.

Penampilan serasi dengan cara busana yang rapi. dapat dilakukan dengan cara berbusana yang rapi, pakaian yang kita pakai selalu bersih, seorang tenaga pelayanan perlu memperhatikan model, warna, corak dan perlengkapan pakaian yang dikenakan. pelengkap busana antara lain berupa: sepatu, kaus kaki, stoking, ikat pinggang, dasi, sarung tangan, topi dll.

Penampilan serasi dengan ekspresi wajah yang menarik.
berpakaian serasi akan bertambah menarik dengan ekspresi wajah yang simpatik, sopan 
ramah dan murah senyum dengan demikian dalam berkomunikasi dengan pelanhan seorang tenaga pelayanan sebaiknya melakukan hal berikut:
* melakukan kontak mata langsung dengan pelanhan yang disertai senyuman simpatik sehinha menunjukan keseriusan dalam melayani pelanhan
* hindari ekspresi wajah murung mata menatap kebawah atau suatu benda, jika takut pandanglah ditengah-tengah pertemuan alis matanya.
* hindari ekspresi wajah berkdpdqut atau menyipit karena menunjukan sikap tidak bersahabat dan berkesan tidak memperhatikan pelanggan.
* menampilkan senyuman manis dengan menghindari bibir tertutup rapat atau digigit.
* menegakkan posisi wajah/kepala agar menunjukan keseriuasan pelayanan.

Melayani pelanggan dengan berfikiran positif:
dalam menghadapi persoalan kita hendaknya selalu berpikiran positif artinya persoalan apapun harus dihadapi dan dipecahkan dengan akal sehat (positiv tinking) segala permasalahan akan dapat diatasi secara baik dan bijaksana. demikian pula dalam melayani pelanggan tenaga pelayanan atau 
penjual harus berfikiran positif/tidak emosional.

melayani pelanhan secara terhormat: perlu diperhatikan bahwa pelanggan merupakan sumber penghasilan yang menguntungkan perusahaan dan bisnis , bagaimana melakukan pelayana secara terhormat?

memperlakukan pelanhan layaknya raja, pelayanan dengan sebaik mungkin, dalam ilmu pemasaran ini disebut pelayanan prima.

prinsip-prinsip melayani pelanggan secara terhormat.
* menyapa dengan rama dan penuh perhatian dan senyum
* mempersilahkan untuk menunhu/duduk apabila terjadi antrian
* bertanya, mendengarkan dan mencatat kebutuhan pelanggan secara baik.
* bersikap scar dalam melayani pelanhan
* melayani pelanggan secara sungguh-sungguh sampai akhir transaksi dengan fikiran positif tanpa membuat curiga pelanggan
* tenaga pelayanan yang melayani pelanggan harus menghindari sikap apriori. apa sikap apriori?
sikap acuh tak acuh atau masa bodoh, sikap angkuh, memberikan pelayanan terlalu lama ini sangat buruk sekali. sikap apriori harus dihindari.

Menghindari sikap mencari 
atau memanfaatkan kelemahan pelanggan:
ini harus dihindari karena dapat merugikan perusahaan. ada penjual yang memanfaatkan pelanggan lugu tidak tau harga atau nenek berusia lanjut seharusnya anda atau kita tidak memanfaatkan itu untuk keuntungan sesaa
t. ilmu pemasaran sangat menentang hal ini.

prinsip-prinsip pelayanan prima dengan menghindari sikap dan mencari kelemahan pelanggan:
* berusaha memelihara kepercayaan pelanggan dengan menghindari sikap licik, tidak jujur dan lainnya
* berusaha tidak membohongi pelanggan
* selalu bersikap rasimal dan profesional menjelaskan mutu kualitas dan harga yang sebenarnya
* selalu bersikap jujur dengan tidak menjual barang tiruan.

melayani pelanhan dengan sikap menghargai pelanggan:
setiap orang ingin dihargaikan?? oleh karena itu hargailah pelanggan anda.
prinsinya :
* menyapa pelanhan yang baru datang dengan sopan dan bersahabat
* menciptakan suasana jual beli yang menyenangkan dan bersika simpatik
* mendengarkan permintaan pelanggan
* melayani pelanggan tanpa 
memperhatikan latar belakang status sosial
* melayani pelanggan dengan penuh kesabaran dan tidak marah..


itulah ulasan kita mengenai pelayanan kepada pelanggan, customer service, sikap pelayanan, cara pelayanan dengan baik, dengan penampilan serasi. saya kira anda sudah paham dan silahkan terapkan.. semoga bermanfaat..


Baca juga: Layanan purna jual dalam pemasaran sangat penting!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2