Perencanaan pemasaran (marketing plan) sangat penting dalam usaha/bisnis!

Perencanaan pemasaran (marketing plan) sangat penting dalam usaha/bisnis!
Hai sobat marketer... perencanaan pemasaran atau marketing planning sangat penting dalam suatu usaha oleh karena itu kita akan mengulasnya disini.
plan: rencana
planning: perencanaan
marketing: pemasaran
pengertian perencanaan pemasaran: perencanaan merupakan suatu kunci sukses, setiap perusahaan/setiap kegiatan bisnis. pemasaran merupakan salahsatu jenis kegiatan bisnis yang sangat penting dan harus direncanakan. agar suatu perencanaan bisa sukses harus didasarkan pada suatu kerangka konseptual yang memberikan suatu dasar analisis pelaksanaan dan evaluasi yang bisa dilakukan.

membuat rencana pemasaran dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, kegiatan apapun tanpa melalui proses perencanaan akan sulit mendapatkan hasil yang baik atau memadai. jadi perencanaan pemasaran adalah: pernyataan tertulis yang disahkan oleh manajemen yang lebih tinggi, yang digunakan oleh manajer pemasaran untuk merekam dan mengkomunikasikan hasil dari perencanaan sehingga karyawan dapat menggunakannya.

baca juga:

Perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pemasaran!


manfaat perencanaan:

perencanaan banyak sekali manfaatnya sebagai contoh, perencanaan membantu menyesuaikan lingkungan yang selalu berubah, mengambil manfaat peluang yang ditimbulkan oleh perubahan untuk mencapai persetujuan dan menempatkan tanggung jawab yang lebih tepat lagi.
suatu perusahaan dapat mengambil manfaat dari proses perencanaan sebab perencanaan merupakan proses yang terus-menerus, sistematis yang memungkinkan perusahaan melakukan beberapa kegiatan seperti
* mengevaluasi posisi pasar dari perusahaan, hal ini meliputi analisis SWOT yaitu suatu analisis yang sudah dikenal banyak orang. S: strength/kekuatan, W: weaknes/kelemahan, O:oportunity/peluang, T:treat/ancaman.
* menenvkan tujuan prioritas dan strategi untuk diselesaikan dalam periode tertentu. perencanaan akan memungkinkan perusahaan untuk membuat penilian, mengenai pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan melakukan koreksi untuk mencapai tujuan.
* untuk mencapai komitmen yang lebih 
besar dengan karyawan dan team work yang bertujuan untuk memenuhi tantangan dan memecahkan masalah yang disebabkan oleh adanya perubahan.

suatu sukses tidak dapat dicapai oleh setiap orang yang melakukan pekerjaan secara palin baik, sukses akan dicapa
i kalau semua orang melakukan pekerjaan secara paling baik untuk mendukung suatu tujuan, setiap orang harus memahami dan melakukan pekerjaan sebagai anggota team demi tercapainya tujuan.
* mengumpulkan sumber-sumber untuk memenuhi perubahan melalui anti sipasi dan persiapan "menyesuaikan atau mati" merupakan nasehat yang amat tepat.

tujuan perencanaan pemasaran:
tujuan rencana pemasaran berguna untuk membantu dalam membangun mengarahkan dan mengkoordinasikan usaha/kegiatan pemasaran perusahaan. dengan adanya rencana pemasaran ini, perusahaan dituntut untuk menganalisis situasi pasar dimana produk dipasarkan dan bagaimana situasi atau keadaan pasar itu.

tujuan rencana pemasaran secara umum:
* mendorong pemikiran yang sistematis mengenai masa depan perusahaan 
* meningkatkan koordinasi dalam perusahaan pemasaran
* menetapkan standar prestasi dalam mengukur hasil pemasaran
* memberikan dasar yang logis dalam pengambilan keputusan.

* meningkatkan kemampuan dalam menghadapi peruchan-perubahan dalam pemasaran.
* menyelararkan kegiatan pemasaran
* mengoptimalkan dan mengintensifkan cara-cara berusaha dalam bidang pemasaran
* menjamin keserasian antara bagian-bagian yang terdapat didalam perusahaan
* mengendalikan usaha-usaha kegiatan pemasaran.
baca juga: 

20 Taktik cara bernegosiasi dan mengembangkan kegiatan usaha dengan cepat!

perencanaan pemasaran ini harus benar direncanakan sematang-matangnya agar pemasarannya sukses dan mencapai tujuan atau target serta keuntungan dan sangat penting sekali perencanaan pemasaran ini.. saya kira dari uraian diatas bisa dipahami dengan mudah.. semoga bermanfaat yah.. salam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2