9 Penyusunan Rencana pemasaran: jangka pendek dan jangka panjang!

9 Penyusunan Rencana pemasaran: jangka pendek dan jangka panjang!
Hallo sobat marketer... pada kesempatan kali ini kita akan membahas penyusunan rencana pemasaran, (marketing plan).
secara garis besar ada 9 komponen rencana pemasaran:
1. ringkasan eksekutif (executive summary) ringkasan yang berisi iktisar dari seluruh rencana pemasaran. yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai hal pokok isi rencana pemasaran, isinya meliputi: memperkenalkan perusahaan, produk, pernyataan visi misi dan tujuan perusahaan, ringkasan dari tujuan dan strategi pemasaran.
2. gambaran situasi saat ini (curret situation) menyajikan informasi tentang situasi pasar, situasi produk, situasi pesaing, situasi distribusi, situasi lingkungan makro dan lainnya.
3. analisis pesaing dan isu-isu (competitor an isues analysis) analisis persaingan menginformasikan mengenai perusahaan lain. yang menawarkan produk sama. dan mencari isu yang berpotensi menentang pasar. dengan melakukan analisis ini perusahaan akan terbantu dalam merumuskan, menyusun dan mengembangkan tujuan pemasaran dan strategi pemasaran.

baca juga:

Perencanaan pemasaran (marketing plan) sangat penting dalam usaha/bisnis!


4. tujuan pemasaran, disajikan untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan produk barang/jasa yang ditawarkan perusahaan pada pasar.


5. strategi pemasaran (marketing strategy) secara populer dikenal sebagai 4P . product, price, place, promotion.
~ produk yaitu barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan sebagai pemenuhan kebutuhan manusia.
~ price/harga harga produk yang ditawarkan dan kebijakan serta sistem pembayarannya.
~ place/tempat, pendistribusian produk mengenai bagaimana dan dimana perusahaan menempatkan produknya sehingga pelanggan mudah mendapatkannya.
~ promotion/promosi yaitu alat media promosi yang akan digunakan pemasar atau taktik yang akan diterapkan dalam merealisasikan rencana promosi dalam rangka mewujudkan tujuan pemasaran perusahaan.

baca juga: 

Perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pemasaran!

7. program kegiatan : memaparkan tentang daftar kegiatan pemasaran yang akan dilakukan perusahaan. program ini meliputi kegiatan apa yang akan dilakukan, kapan dimulai dan kapan akan selesai, siapa yang akan melaksanakan dan siapa yang bertanggung jawab.

7. anggaran (budged) anggaran berisi mengenai perkiraan perincian biaya yang akan diperlakukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemas
aran.

8. pengukuran/ evaluasi: bagian ini untuk mengukur hasil pelaksanaan rencana kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan. pengukuran dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah penjual produk/keuntungan yang diperoleh sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan promosi.

9. dokumen pendukung (supporting documents) bagian ini berisi dokumen pendukung yang dijadikan referensi dalam komponen lain dari rencana pemasaran misal hasil penelitian pasar.

itulah 9 komponen umum dalam penyusunan rencana pemasaran.

Penyusunan rencana pemasaran dengan metode perencanaan jangka panjang, menengah, pendek, dkd, dan tahunan.

berdasarkan kerangka waktunya perencanaan terdiri atas 2
~ perencanaan dengan interval, periode tak tentu. seperti perencanaan jangka panjang 
~ perencanaan dengan interval periode tertentu seperti perencanaan dkd dan tahunan.

Perencanaan jangka panjang:

merupakan komponen dari perencanaan strategis dan hal itu biasanya diasosiasikan dengan strategi fungsional misal: perencanaan peluasan usaha untuk 12 tahun kedepan batasan waktu untuk perencanaan jangka panjang sangatlah bervariasi seperti lebih dari 5 tahun keatas. adapula perusahaan lain seperti 2 atau 3 tahun keatas khusus untuk forecasting, perencanaan jangka panjang mempunyai periode waktu diatas 1 tahun. forecasting adalah kegiatan meramalkan atau merencanakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu.

Perencanaan jangka menengah:
perencanaan ini berkisar 1-5 tahun tergantung rentang waktu yang digunakan. apabila rencana jangan panjang perusahaan diatas 3 tahun maka rencana jangka menengah mereka periode 1-3 tahun begitu seterusnya. dalam perencanaan jangka menengah seperti perencanaan jumlah tenaga kerja, penentuan besarnya modal dan lainnya. sebagian besar perencanaan jangka menengah 
adalah kompenen dari perencanaan jangka panjang.

Perencanaan jangka pendek:

periode jangka pendek relatif singkat biasanya 1 tahun atau kurang. seperti kampanye, periklanan, perencanaan kerja, pembagian daerah operasi tenaga penjualan.
perencanaan jangka pendek terbagi 2.
~ rencana operasional: rencana yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas.
~ rencana reaksi: rencana yang didesain untuk memberikan reaksi atas keadaan yang tidak terduga, keadaan itu mungkin situasi yang dingingkan atau sebaliknya.

Perencanaan dekade: merupakan bagian dari perencanaan jangka panjang dengan periode waktu > 10 tahun 10 tahun < namun perencanaan dekade bukanlah perencanaan strategis. dan rencana jangka panjang belum tentu rencana dkd.

Perencanaan tahunan:
merupakan suatu proses perencanaan untuk satu 1 tahun. perencanaan tahunan harus menunjang perencanaan jangka panjang. rencana pemasaran tahunan berkaitan dengan tujuan pemasaran dan strategi untuk suatu produk, proyeksi laba/rugi 
, anharan operasional dan lainnya..

baca juga: 

20 Taktik cara bernegosiasi dan mengembangkan kegiatan usaha dengan cepat!

jadi itulah prose penyusunan rencana pemasaran atau jangka waktu penyusunan rencana pemasaran yang perlu anda ketahui dan pahami.. semoga bermanfaat ulasan hari ini dan jangan lupa komentari yah..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2