Elastisitas permintaan dalam pemasaran yang perlu dipahami!

Elastisitas permintaan dalam pemasaran yang perlu dipahami!

selamat datang di jp. sobat marketer. pada kesempatan ini pembahasan kita mengenai elastisitas permintaan. dimana artinya adalah perbandingan antara perubahan jumlah permintaan barang dan jumlah perubahan harga yang mengakibatkannya. adapun sebab yang dapat mempengaruhi elasitas permintaan diantaranya:
~ barang subsitusi atau pengganti, semakin banyak maka elastisitas semakin besar. ex: permintaan kain wol dapat diganti dengan imitasi wol.
~ julah pemakaian barang, makin banyak pemakaian semakin inelastis permintaannya. ex: permintaan gula, lebih inelastis dari pada permintaan terhadap permen.

baca juga: Fungsi fungsi pemasaran agar perusahaan sukses yang perlu diketahui!
~ imbangan antara pendapatan dengan harga barang, jika harga barangg merupakan sebagian kecil pendapatannya maka permintaan ajan inelastis, ex: pemakaian akan garam, bumbu masak dll.
~ kebiasaan, jika permintaan barang menjadi kebiasaan konsumen maka permintaan terhadap barang itu akan inelastis, ex: permintaan lilin pada hari natal, ketupat pada hari lebaran. 
pada umumnya tingkatan harga yang lebih rendah akan mengakibatkan jumlah barang yang akan diminta semakin besar. perubahan harga barang sangat berpengaruh terhadap jumlah permintaan, apabila ada harga barang yang akan ditawarkan, maka akan mengakibatkan perubahan terhadap kualitas barang yang diminta. untuk beberapa jenis barang dan volum penjualan barang berbanding terbalik, artinya dengan adanya kenaikan harga barang, penjualan barang akan menurun dan sebaliknya. baca juga:
Elastisitas permintaan oleh perubahan pendapatan dalam pemasaran!penyelidikan elasitas permintaan sangat penting sekali untuk negara. konsumen maupun produsen. negara untuk pajak, konsumen untuk sehari hari, produsen untuk menetapkan politik harga barang.

perubahan harga terhadap permintaan dapat dibagi menjadi:

* permintaan elastis: adalah apabila koefisien elasitas permintaan besar dari 1 dinamakan elastis.

* permintaan elastis sempurna: apabila koefisien elasitar permintaan tidak terbatas , berarti perubahan hargma tidak berpengaruh terhadap permintaan.

* permintaan inelastis sempurna: apabila 
koefisien elastisitas permintaan 0, berarti perubahan harga tidak mempengaruhim jumlah permintaan.

* permintaan barderline: apabila terjadi penurunan atau kenaikan harga sebesar 1 persen akan menyebabkan kenaikan atau penurunan permintaan 1 persen juga.

* permintaan elastis uniter: apabila permintaan perubahan harga di imbangi oleh persentasi kuantitas yang diminta sama besarnya.
baca juga: Determinan permintaan konsumen dalam pemasaran pada suatu produk perusahaan!
sekian materi pemasaran kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2