Elastisitas permintaan oleh perubahan pendapatan dalam pemasaran!

Elastisitas permintaan oleh perubahan pendapatan dalam pemasaran!

selamat datang sobat marketer. pada kesempatan ini kita akan membahas elastisitas permintaan oleh perubahan pendapatan. kuantitas yg diminta konsumen bisa berubah ubah, karenda terjadinya perubahan pendapatan. permintaan kebutuhan masyarakat terhadap produk sangjmat berbeda beda,

 karena didalam hal ini tergantung dari pendapatan dan daya beli masyarakat. jika penawaran masyarakat tetap, sedangkan penawaran barang berubah ubah maka harga barang akan meningkat. perbandingan atara presentase perubahan kuantitas barang yang diminta merupakan ukuran elastisitas.

 terjadinya elasitas permintaan terhadap sesuatu barang, dikarenakan adanya perubahan pendapatan masyarakatnya. besar kecil pendapatan seseorang adalah faktor penentu untuk membelanjakan pendapatan.

.tetapi dengan bertambahnya pendapatan seseorang belum tentu akan mengakibatkan kenaikan permintaan terhadap sesuatu barang yang akan dibelinya. jika pengaruh negatif maka bertambahnya pendapatan 
malah akan menurunkan jumlah barang yang diminta. sedangkan korelasi negatifnya akan menurun kan jumlah barang yang diminta. baca juga:
Determinan permintaan konsumen dalam pemasaran pada suatu produk perusahaan!
pendapatan konsumen yang dibelanjakan merupakan faktor penentu utama dari pasar berbagai produk. disini marketer perlu mempelajari pola belanja konsumen serta distribusi pendapatan.

pola dari pengeluaran konsumen sangat dipengaruhi oleh tahap dalam daur hidup keluarga para konsumen sendiri.

para pemasar harus menyadari perbedaan dalam pola pengeluaran pendapatan konsumen. hasil penelitian elastisitas permintaan terhadap perubahan pendapatan konsumen adalah:

~ kelompok konsumen yang mempunyai pendapatan lebih besar akan membelanjakannya untuk produk lebih banyak.
~ kelompok konsumen mempunyai pendapatan lebih kecil akan membelanjakan untuk produk lebih sedikit.
~ kenaikan pendapatan cendrung diikuti kenaikan pengeluaran
~ makin tinggi pendapatan makin menurun presentase jumlah yang dibelanjakan untuk makanan tertentu
~ kelompok pendapatan yang kecil, makin tinggi persentase jumlah 
pengeluaran untuk produk tertentu. sekian pembahasan kita pada kesempatan ini semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2