Fungsi fungsi pemasaran agar perusahaan sukses yang perlu diketahui!

Fungsi fungsi pemasaran agar perusahaan sukses yang perlu diketahui!

selamat datang sobat marketer. pada kesempatan ini khusus kita membahas fungsi fungsi pemasaran.
seorang manajer atau pemasar harus dapat menjalankan fungsi pemasaran dengan baik agar tujuan yang diharapkan perusahaan tercapai. pemasaran adalah mengerahkan produk dari produsen ketangan konsumen dengan waktu yang cepat dan tepat. untuk melaksanakan tujuan tersebut diperlukan berbagai macam kegiatan proses pemasaran yang baik. adapun fungsi fungsi pemasaran yang harus dijalankan perusahaan adalah:
1. pembelian atau buying: adalah kegiatan yang mendorong produsen untuk mencari penjual. masalah ini penting sekali terutama bagi negara berkembang, setiap perusahaan yang akan memproduksi barang, cara memasarkan produk tidak akan terlepas dari kegiatan membeli.
kegiatan ini terjadi timbal balik dari pada penjualan, dengan pembelian. jika ingin berhasil didalam penjualan setiap perusahaan harus mengetahui dan mantap dalam pembelian barang. didalam pembelian barang dan penjualan akan terjadi saling mendekati, tawar menawar, membentuk harga dan penyerahan kepemilikan barang, fungsi pembelian adalah penyusunan kebijakan dan prosedur penentuan dan keinginan konsumen.
baca juga: Kegiatan pemasaran dan lingkungannya yang perlu anda ketahui!
2. penjualan atau selling, fungsi penjualan disini sangat penting sekali, untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh perusahaan. potensi penjualan menimbulkan potensi pembelian. fungsi penjualan adalah kegiatan pelengkap dari pembelian untuk transaksi jual beli produk. diantara keuntungan fungsi penjualan adalah:
~ menciptakan penjualan produk
~ menemukan pembeli
~ memberi masehat pada pembeli
~ mempertimbangkan transaksi jual beli
~ pemindahan hak milik.

3. pengangkutan atau tranfortasi: merupakan kegiatan pemindahan produk dari suatu tempat ketempat lainnya. pengangkutan merupakan salah satu fungsi pemasaran yang penting, karena kegiatan pengangkutan produk yang tepat dan cepat tidak akan membuat perbedaan harga yang mencolok. pelaksanaan fungsi pengangkutan produk ketempat tujuan pada waktunya, terjamin amannya, dan sebagainya.

4. pergudangan: adalah salah satu kegiatan pemasaran yang dapat menciptajan kegunaan waktu. fungsi ini merupakan kegiatan penyimpanan yang diketemukan dalam penyaluran produk kepasar.

5. standarisasi dan grading. adalah suatu ukuran diterima oleh umum sebagai ukuran atau nilai tetap. meliputi ketentuan standar produk, untuk menentukan inspection dan sorting. standarisasi adalah penjualan yang dilakukan dengan memberi gambaran saja. keuntungan bagi konsumen adalah akan memudahkan mencari barang yang dibutuhkan. kegiatan standarisasi dengan grading berhubungan sangat erat sekali, grading adalah pemilihan nyata dari suplai barang menurut pengecer untuk barang seperti roti, jeruk, beras, teh telur kopi dsb.

6. kominakasi: adalah penghubung atau pemberi informasi kepada para konsumen dari para produsen dan sebaliknya.

7. penanggung jawab resiko: konsumen dengan jarak yang sangat jauh akan memungkinkan terjadi resiko. agar terhindar sebaiknya perusahaan mengasuransi kan produk.

8. informasi pasar: adalah fungsi pemasaran yang sangat luas karena fungsi ini memberikan keterangan tentang situasi bisnis pada umumnya. peranan informasi pasar perlu diperhatikan, karena tidak ada keputusan pemasaran yang baik tanpa didasarkan fakta atau data. informasi pasar mengenai produk sangat penting dan merupakan fungsi pemasaran.

9. pemjajaan atau merchandising. menawarkan produk kepada pembeli dengan menjajakan. fungsi menjajakan menyangkut bermacam strategi yang dilakukan perusahaan dan pemasaran.

10. pembelanjaan, adalah kegiatan penyfian dana yang dilakukan oleh produsen, perantara maupun konsumen. fungsi pembelanjaan mencakup pengenalan sumber pengalokasian dana dan pengaturan syarat pembayaran.
baca juga: Prinsip prinsip pemasaran yang perlu kamu ketahui sebagai marketer!
kesepuluh diatas merupakan fungsi pemasaran. semoga pembahasan ini menambah wawasan anda dan bermanfaat yah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2