Kebiasaan membeli konsumen dan pelanggan yang perlu diperhatikan dalam pemasaran!

Kebiasaan membeli konsumen dan pelanggan yang perlu diperhatikan dalam pemasaran!
selamat datang sobat marketer di jp jurusan pemasaran. pada kesempatan ini kita akan kembali belajar mendalami pemasaran. yaitu mengenai kebiasaan membeli atau buying habits. ini merupakan sebuah pertanyaan bagaimana, kapan dan dimana konsumen melakukan pembelian barang. kebiasaan membeli itu bisa berubah setiap saat. oleh karena itu seorang pemasar perlu memahami perkembangan itu. perilaku pembeli selalu berhubungan dengan proses pemilihan produk yang dibeli. perilaku para pembeli merupakan tindakan yang langsung menyangkut pencapaian dan penggunaan produk termasuk dalam pembelian.
 adapun faktor yang mempengaruhi kebiasaan dan perilaku membeli produk adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. juga dipengaruhi oleh kebiasaan dalam pembeliannya. dalam kebiasaan membeli juga tercakup waktu pembelian, jumlahnya berapa, dan dimana pembelian dilakukan. jika dari segi pekerjaan karyawan melakukan pembelian besar setelah gajian, masyarakat yang berpendapatan tinggipun demikian. pada umumnya membeli barang dalam jumlah yang sangat besar saat tertentu.

pengaruh sikap pembeli atau pelanggan dalam kebiasaan membeli produk diantaranya:

~ pembelian yang didorong kata hati, cepat lambat pembeli golongan ini sangat termotivasi untuk membeli dan untuk menhadapi golongan ini seorang penjual harus bersikap aktif dan bersemangat. pembeli seperti ini mudah bertukar haluan , bertindak cepat tetapi apabila melakukan kesalahan tidak akan segan meminta mbf pada penjual.

~ pembeli yang teliti, ini penuh pertimbangan lamct mengambil keputusan , unvk menghadapi pembeli jenis ini seorang penjual harus menguasai produk atau produk knowledge.

~ pembeli yang ragu ragu, ini selalu ragu dalam mengambil keputusan, segala yang dikemukakan penjual tidak langsung dipercayainya, untuk menghadapi pembeli ini, seorang penjual harus berusaha mengambil suatu keputusan yang diambil pembeli supaya ia merasa bangga. penjual harus bersifat hati hati. ~ pembeli yang tegas: geraknya tegas, positif dan tidak ragu ragu, penuh percaya diri, pendapatnya sulit dilawan. dalam menghadapinya penjual jangan coba coba berdebat dengannya berikan apa yang dimintanya.

~ pembeli yang ramah tamah, selain ramah juga senang diajak berbicara dan terlihat sopan, untuk menghadapi pembeli ini , penjual harus waspada dan berusaha agar ia mau membeli produk.

~ pembeli yang selalu mengharapkan potongan, ini harus ditindaki secara profesional jika tidak ada potongan maka jelaskan dengan tegas.

~ pembeli yang pendiam, tampaknya sukar dilayani tetapi akhirnya dia tetap membeli barang meskipun pendiam, tetapi pembeli jenis ini biasanya mengambil keputusan saat penjual memberikan penjelasan.
sekian pembahasan materi pendalaman ilmu pemasaran pada kesempatan ini yang mana tentang kebiasaan membeli konsumen atau pelanggan, semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. amin..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2