Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keputusan membeli Konsumen dan pelanggan kita!

Keputusan membeli Konsumen dan pelanggan kita!
selamat datang sobat marketer pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai "keputusan memaeli konsumen" pembeli adalah pemakai barang, mungkin membeli barang untuk dijual laggi. langganan adalah pemabeli barang secara terus menerus. konsumen adalah orang yang memakai barang-barang. yang perlu diperhatikan mengenai konsumen dan keputusan membelinya adalah:
* problema konsumen, sebagai contoh seorang konsumen ingin membeli sebuah kemeja batik ditoko, ia tertarik dengan warna batik, harganya sesuai dengan daya beli, akan tetapi dia tidak jadi membeli karena model dan corak kemeja tidak cocok dengan selera konsumen, atau kadang barang yang di inginkan tidak ada ditoko. semakin banyaknya perusahaan akan menimbulkan problema bagi konsumen.:
~ adanya polusi dilingkungan
~ keselamatan produk tidak menjamin
~ banyaknya barang tiruan dipasar
~ mutu barang tidak memuaskan
~ harga barang tidak sesuai daya beli
~ banyak warna yang dapat membahayakan
~ banyak merek yang
 membingungkan
~ belum terlaksana perlindungan hukum
~ banyaknya produk yang tidak cocok dengan pola, gaya hidup dan kepercayaan.
Motif konsumen dalam pembelian:
ada beberapa motif yang membuat konsumen membeli produk diantaranya:
~ motih kebutuhan jasmani
~ motif keamanan
~ motif kehormatan
~ motif cinta
~ motif penampilan.

Keputusan membeli. adapun faktor yang mempengaruhi keputusan membeli adalah:
* kepribadian pembeli, merupakan pola sifat individu yang dapat menentukan keputusan didalam membeli barang dan jasa.

* pengalaman pembeli, ini dapat mempengaruhi dalam bertingkah laku, pengalaman dapat diperoleh dari pembelian sebelumnya dan memutuskan apakah membeli kembali atau tidak.

* kebudayaan, merupakan pengambil keputusan dalam membeli sesuatu barang, kebudayaan berkembang dimasyarakat, terutama didaerah, barang yang laku dijual disuatu daerah belum tentu laku didaerah lain.

* keluarga, dapat berbuat hal yang berbeda beda dalam keputusan pembelian, mereka memiliki selera masing masing. * kelas sosial dan tingkat penghasilan. makin tinggi pendapatan, makin besar daya beli orang tersebut. kelas sosial dapat dibedakan:
~ golongan atas, diantaranya pengusaha besar, para konglomerat, orang orang yang sangat kaya.
~ golongan menengah, diantarnya karyawan, para pengusaha menengah.
~ golongan rendah, diantaranya buru pabrik, para kuli, pegawai rendah, buruh tani dsb.
* kelompok referensi kecil, sangat mempengaruhi perilaku seseorang dalam memutuskan pembelian. oleh karenanya manajer pemasaran harus mengetahui siapa yang menjadi pelopor opini dari suatu kelompok.

* sikap dan kepercayaan, merupakan faktor yang juga ikut mempengaruhi didalam memutuskan pembelian.

jadi kepuusan pembelian itu berdasarkan berbagai alasan konsumen, dan kita sebagai marketer atau pemasar harus mengetahui hal ini supaya dapat memasang strategi penjualan. sekian pembahasan kita pada kesempatan ini. semoga menambah ilmu pemasaran anda dan semoga bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Keputusan membeli Konsumen dan pelanggan kita!"