Sistem pemasaran yang sangat perlu diketahui dan penting dipahami!

Sistem pemasaran yang sangat perlu diketahui dan penting dipahami!

selamat datang sobat marketer. pada kesempatan ini kita akan membahas sistem pemasaran. sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga lembaga yang melaksanakan tugas pemasaran, ide, gagasan, orang barang jasa dan faktor lingkungan yang saling berinteraksi antara perusahaan dengan pasarnya. adapun faktor yang saling berinteraksi itu sbb:
~ organisasi yang melakukan tugas tugas pemasaran
~ barang dan jasa yang dipasarkan
~ perantara yang membantu dalam pertukaran
~ pasar yang dituju
~ faktor demografi, kondisi perekonomian, sosial budaya politik dan hukum, persaingan dan teknologi.
scr sederhana sistem pemasaran yang dijalankan perusahaan adalah mendistribusikan produk kepada konsumen. perusahaan tersebut kemudian mendapatkan pembayaran dari para konsumen. didalam pelaksanaan bisnisnya perusahaan itu menggunakan tenaga penjualan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. sebagai umpan balik pasar akan memberi informasi kepada perusahaan. secara penuh sistem pemasaran yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam perusahaan adalah:

a. kondisi perekonomian: merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sistem pemasaran. adapun elemen elemen yang termasuk kedalam kondisi perekonomian antara lain peredaran uang, pertimbangan ekonomi, tingkat kesenangan dan kebutuhan, keadaan inflasi , deflasi, devaluasi, resesi dan lain sebagainya.

b. demografi: merupakan studi statistik tentang kependudukan dengan adanya faktor demografi perusahaan perlu mengadakan riset atas perencanaan pemasaran.

c. sosial budaya: mencakup faktor ekonomi, politik, hukum dan teknologi. karena bentuk dan sistem pemasaran sangat ditentukan oleh kebudayaan manusianya. diantara faktornya kesenangan dan keinginan manusia, kepercayaan manusia, nilai nilai sosial manusia, cara hidup manusia.

d. politik dan gmgukum: faktor yang mempengaruhi diantara lain, peraturan dan keadaan politik, peraturan dan kebijaksanaan dalam biadang pemasaran, hubungan pemerintah dengan dunia industri, kebijakan fiskal dan moneter.

e. teknologi: adanya penemuan baru dibidang teknologi dapat mengubah cara hidup konsumen. dengan adanya teknologi berarti dapat mempengaruhi kegiatan dalam pemasaran.

f. persaingan: mempengaruhi sistem pemasaran, dalam menghadapi persaingan , perusahaan harus mengetahui struktur biaya, politik harga, promosi distribusi dan lainnya.

Lingkungan mikro eksteren:
pasar penyedian dan perantara pemasaran merupakan lingkungan mikro ekstern. dalam mikro ekstrn perusahaan dapat menggunakan pengaruhnya kepada perantara dan penyedia barang, sehingga akhirnya usaha pemasaran perusahaan dapat mempengaruhi pasar yang ada pasar potensial.

Sumber sumber bukan pemasaran: dapat mempengaruhi sistem pemasaran adalah lokasi perusahaan, riset dan pengembangan. lokasi pabrik dapat menentukan batas geografis dari pasar perusahaan. sistem pemasaran, dipengaruhi oleh kemampuan produksi keuangan dan personilnya perusahaan.

Marketing mix: adalah variabel yang dipergunakan oleh setiap perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen, adapun variabel yang ada dalam marketing mix atau bauran pemasaran adalah: produk, distribusi atau tempat, harga dan promosi.

semoga pembahasan pada kesempatan ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2