Apa alasan mengapa orang membeli produk? | Belajar marketing

Apa alasan mengapa orang membeli produk? | Belajar marketing

selamat datang sobat marketer. pada kesempatan ini topik kita spesial "alasan mengapa orang membeli" semua orang butuh makan, minum, pakaian dan tempat tinggal, rekreasi dan lainnya. semua kebutugan ini merupakan alasan utama orang membeli. tetapi manusia itu tidak sekedar mencari barang yang dibutuhkan saja tapi juga atas kepuasan. alasan dalam pembelian barang setiap orang beragam. ada yang bersifat universal, ini hampir terdapat pada semua orang. tugas seorang penjual adalah menunjukan manfaat apa yang di inginkan oleh seorang pembeli. didalam memasarkan produk penjual perlu mempelajari mengapa orang mau membeli. motif motif pembelian diantaranya:
1. product motives: adalah pengaruh dan alasan orang mau membeli barang karena adanya barang tertentu.
2. patrogane motives: adalah suatu pengaruh dan alasan orang membeli karena penyalur atau penjualnya. manusi punya keinginan psikologis yang dapat membangkitkan motif membeli:
~ motif manfaat, orang selalu ingin memperoleh manfaat dari sesuatu oleh karena itulah dia membeli.
~ motif kebanggan, ada rasa bangga seseorang ketika membeli produk yang ditawarkan.
~ motif ingin meniru: adalah alasan orang mau membeli juga. pada umumnya mereka meniru orang lain yang dihormati dan dikaguminya.
~ motif kuatir dan takut: rasa kuatir juga gejalah seorang mau membeli produk, karena takut nyamuk orang beli obat nyamuk. itu contohnya.
~ motif ingin tahu dalam: cmtoh seorang yang membaca cerita bersambung.
~ motif bersaing: adalah orang membeli barang karena ada saingan, misal nih cewek yang sedang mendekati cowok kemudian ada cewek lain yang juga mendekati maka seorang akan termotivasi memberi perawatan atau alat kosmetik.
~ motif iri: ini umumnya bersifat individu dan ia membeli barang yang lebih mahal agar merasa dia yang paling kaya, paling hebat dan sebagainya.

jadi dalam menghadapi pembeli kita perlu memahami motif dan alasan membeli agar kita punya teknik menghadapi pembeli dan sukses melakukan penjualan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2