Fungsi personal selling dalam pemasaran ini dia!

Fungsi personal selling dalam pemasaran ini dia!
hai sobat marketer, apa kabar nih? semoga sehat yah hehe.. pada kesempatan ini blo jp akan berbagi mengenai personal selling. seperti yang kita ketahui personal selling merupakan penyajian barang secara lisan kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual. dapat juga diartikan hubungan antara dua atau lebih secara bertatap muka untuk menimbulkan secara timbul balik dalam rangka membina hubungan komunikasi antara produsen dengan konsumen. atau kata lain personal selling adalah merupakan kontak pribadi secara langsung antara penjual dengan pembeli, sehingga dapat menciptakan komunikasi dua arah. nah sekarang sobat udah pahamkan apa itu personal selling?
Personal selling sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam:
a. menciptakan kepercayaan, dalam personal selling yang dapat menampilkan cara penjualan barang yang efektif dapat menimbulkan kepercayaan para konsumen terhadap barang perusahaan yang bersangkutan.
baca juga; Perbedaan personal selling dengan promosi dalam pemasaran ini loh!
b. peragaa n , ini sangat diperlukan fngan memperagakan jenis barang yang belum dikenal konsumen.

c. pembelian yang sifatnya sekali kali, beberapa jenis produk walau sudah dikenal tapi hanya sekali2 dibeli konsumen, cara mengatasinya adalah dengan meminta bantuan personal selling.

d. produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi, personal selling (PS) dapat memasarkan barang yang bernilai tinggi seperti mobil , perhiasan, kamera dsb.

e. produk yang didesain sesui kebutuhan, ini dapat disesuaikan oleh personal selling dengan permintaan dan kebutuhan konsumen seperti tas, pakain dsb.

CIRI CIRI KEGIATAN PERSONAL SELLING:

Adapun yang menjadi cisi dari PS adalah:
~ hubungan langsung, ini antara ps dan konsumen yang dapat menyebabkan adanya kebutuhan saling mengamati, mengenai sifat penjual dengan pembeli.

~ hubungan akrab, ps membentuk hubungan akrab dengan pembeli. disini ps harus dapat menggunakan keahliannya dalam memuji pembeli.

~ adanya tanggapan:, ps membuat para pembeli merasa wajib mendengarkannya. KESIMPULAN:
dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan fungsi ps personal selling:
~ menciptakan komunikasi dengan para pembeli
~ mempromosikan barang barang secara langsung
~ memasarkan barang secara langsung
~ menjualkan secara langsung
~ menganalisis kebutuhan para konsumen
~ mendekati, mempengaruhi dan membujuk konsumen
~ meningkatkan persahabatan dengan pembeli.

jadi itulah fungsi dari ps sob.. semoga mudah dimengerti dan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2