Prosedur riset pemasaran yang benar dan tepat dilakukan!

Prosedur riset pemasaran yang benar dan tepat dilakukan!
hai snbat jp, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai prosedur riset pemasaran , riset pemasaran sangat penting dilakukan karena berhubungan dengan suksesnya perusahaan, berikut merupakan prosedur riset pemasaran:
1. perumusan masalah, pada umumnya perusahaan mengetahui permasalahan yang dihadapinya seperti penjualan produk yang merosot, apabila perusahaan tersebut hasil terus begitu dia akan merugi, maka dia perlu mengadakan riset, maka akan diketahui penyebabnya dan juga cara mengatasi.
2. menentukan sumber informasi, membuat daftar informasi yang diperlukan sangat penting untuk tujuan riset, maka langkah selanjutnya apakah info tersebut sudah ada, jika ada maka hanya perlu mengelolah saja.
3. mempersiapjan formulir, ini untuk kelanjutan pengumpulan informasi dalam riset pemasaran, ini tergantung bentuk risetnya jika langsung terjun kepasar dan berhubungan dengan konsumen langsung maka harus benar benar disiapkan secara matang matang sekali.  
4. menentukan sampling design, penggunaan ini dalam pengumpulan data adalah dengan mencatat sampelnya saja adapun yang dimaksud sampling design adalah, merupakan metode sampling yang akan dipergunakan dalam riset. pada dasarnya ada 2 macam sampling yaitu, probilaty sampling dimana pemilihan elemen menjadi sampel yang diselidiki dan non probality sampling adalah pemilihan elemen tersebut bersifat subjektif.

5. pengumpulan data dilapangan dan pengolahannya, pekerjaan riset adalah memperoleh data mengumpulkan menganalisis dan mengolahnya menjadi bermanfaat.

6. menganalisis dan mengolah data, untuk keperluan analisis sebaiknya data disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan dilakukan perhitungan seperti total, presentase, ratio dan keterangan.

baca juga: Orientasi dan fokus perusahaan dan pemasaran dalam pengembangan produk!
7. membuat laporan riset, laporan ini tergantung pada sifat dan tujuan riset dan siapa yang diberi laporan, yang penting dibuat file atau hasil print out dan rapi biasanya untuk pimpinan atau manajer. sekian pembahasan kita semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda sob.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2