Apa Orientasi Dalam Penetapan Harga? Ini Dia Sob!

Apa Orientasi Dalam Penetapan Harga? Ini Dia Sob!

Hai sobat Marketer pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai "orientasi dalam penetapan harga" sob.. dalam menetapkan harga jual produk, perusahaan harus memperhatikan konsumen akhir, penyalur, pesaing, pensuplai dana, para pekerja, dan kebijakan dari pemerintah. setelah perusahaan menentukan tujuan dalam penetapan harga, selanjutnya perusahaan itu harus mempelajari prosedurnya..
baca juga yah:

Strategi Produk Dalam Pemasaran!

dalam penetapan harga perusahbn harus berorientasi pada hal hal berikut:
~ masalah biaya: segala macam biaya pada umumnya juga dihitung, penetapan harga tambahan dan cost plus ditetapkan atas dasar penambahan suatu presentase tertentu diatas biaya unit produk.
cara penetapan harga yang berorintasi pada biaya dapat dilakukan dengan:
* penetapan harga mark up, harga jual produk ditetapkan dengan cara menambahkan suatu persentase tertentu dari total biaya variabel atau harga beli dari seorang pedagang.
* penetapan harga secara cost plus, harga jual produk ditetapkan dengan cara menambahkan persentase tertentu dari total biaya.
* harga sasaran atau target pricing, harga jual ditetapkan dengan memberi tingkat keuntungun tertentu yang dianggap wajar.

~ masalah harga pokok.
penetapan harga orientasi pada harga pokok yang istilah lain disebut mark up pricing, cost plus pricing and target pricing, mark up pricing digunakan untuk retailer dan wholesseler, cost plus dan target pricing digunakan untuk pabrikan. seorang pengusaha selalu menanyakan terlebih dahulu harga pokok barang, kemudian juga menetapkan harga jualnya.

~ masalah permintaan, strategi harga yang berorientasi pada permintbn didasarkan pada:

* persepsi konsumen terhadap suatu produk, penetapan harga hanya ditekankan pada penilaian konsumen terhadap harga suatu produk. penetapan harga ini akan mempengaruhi posisi produk dipasaran.

* diskriminasi harga, penetapan harga hanya dilakukan dengan mempertimbangkan perbedaan permintaan, langganan, produk tempat dan waktu, penetapan pola ini didasarkan untuk mempertimbangkan pada permintaan terhadap suatu produk.

~ masalah persaingan, penetapan harga juga berorientasi pada persaingan loh sob.. harus membuvhkan penelitian, harga yang ditetapkan pesaing mungkin saja lebih renda. masing masing jenis produk dalam suatu jajaran produk mengalami persaingan yang berlain lainan tingkatnya. penjual yang kurang leluasa, didalam menetapkan harga dari jenis jenis produk para pesaing , akan lebg bebas dalam pengaturan harga produknya.

ada 2 jenis penetapan harga yang ditetapkan atas persaingan.
yaitu berdasarkan tingkat harga rata rata industri dan berdasarkan harga tender atau pelelangan.

baca juga:

Macam Dan Jenis Produk Yang Dipasarkan!

~ masalah pasar, proses dan metode dalam penetapan harga.
proses dalam penetapan harga perlu diperhatikan oleh perusahaan:
* permintaan terhadap produk
* bauran pemasaran
* reaksi para pesaing
* biaya mempromosikan produk, sedangkan metode yang dipergunakan dalam penetapan harga adalah:
* penetapan harga dengan biaya tamch
* harga didasarkan pada kondisi pasar yang bersaing
* harga didasar pada keseimbangan perkiraan permintaan dengan suplai.
baca juga:

Pembungkusan Dan Pengepakan Produk Bisa Juga Disebut Kemasan!


itulah pembahasan kita pada kesempatan ini semoga bermanfaat sob..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2