Apa Tujuan Penetapan Harga?

Apa Tujuan Penetapan Harga?

Selamat datang sob, kita akan membahas tujuan penetapan harga, karena ini perlu ditentukan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. penetapan harga selalu merupakan masalah bagi perusahaan, karena tidak merupakan suatu kewenangan yang mutlak dari seorang pengusaha.
ada beberapa tujuan penetapan harga!
~ untuk mendapatkan share pasar. perusahaan dapat menetapkan tingkat harga tertentu untuk mendapatkan atau meningkatkan share pasar. strategi ini dilakukan perusahaan. kenaikan tingkat keuntungan pada masa yang akan datang tercapai apabila harga yang rendah menarik banyak pembeli, meningkatkan produksi dan omzet penjualan, harga yang rendah akan mendesak pesaing.
~ untuk memperoleh laba maksimum, caranya yaitu dengan menentukan tingkat harga dengan memperhatikan total hasil penerimaan penjualan dan total biaya.
baca juga:

Macam-macam Penetapan Harga Dalam Pemasaran!

~ untuk memanfaatkan keuntungan, tujuan ini dapat tercapai bila, harga tinggi di imbangi mutu produk yang baik, biaya produksi dan distribusi persatuan tidak terlalu tinggi  , adanya pembeli yang besar dengan permintaan inelastis, tidak timbul para pesaing baru.

~ untuk mempromosikan soduk, untuk mendorong penjualan maka perusahaan menetapkan harga rendah untuk suatu macam produk.

~ untuk mencapai tingkat hasil penerimaan penjualan maksimum.
perusahaan menetapkan harga produknya untuk memaksimumkan penerimaan penjualan produk pada masa itu. tujunnya dapat tercapai dengan melaksanakan kombinasi harga dan kuantitas produk yang besar.

~ untuk mencapai keuntungan yang ditargetkan, penetapan harga produk dengan tujuan, untuk meraih rate of return, mencapai rentabilitas, menstabilkan harga, meningkatkan penjualan, memaksimalkan laba, mempromosikan penjualan, mendapat share pasar.

Sasaran Penetapan Harga: ini dibagi menjadi 3 macam yaitu berorientasi pada laba, penjualan dan status quo.

berorientasi pada laba, tujuannya untuk:
~ mencapai target laba
~ memaksimalkan laba

berorientasi pada penjualan tujuannya
~ meningkatkan penjualan dan bagian pasar.

orientasi status quo ini ini tujuannya menstabilkan harga dan menjaga persaingan.
baca juga:

Kombinasi Harga / Price Mix Dalam Pemasaran!

sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan ini sob.. semoga menambah ilmu marketing anda dan semoga bermanfaat sob..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2