Faktor-faktor Penetapan Harga Produk Ini Lengkapnya!

Faktor-faktor Penetapan Harga Produk Ini Lengkapnya!

Hai sobat marketer, nih pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai faktor penetapan harga, ini sangat penting sekali. baik langsung maupun tidak. faktor yang mempengaruhi secara langsung adalah bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran dan peraturan pemerintah. faktor tidak langsung yaitu harga produk sejenis yang dijual pesaing, pengaruh harga terhadap produk substitusi dan produk komplementer, potongan serta kridit penyalur, lebih rinci faktor penetapan harga adalah:

baca juga:

Apa Orientasi Dalam Penetapan Harga? Ini Dia Sob!

~ keadaan perekonomian negara, pada periode resesi dan inflasi misalnya merupakan periode dimana harga produk berada ditingkat rendah.
~ penawaran dan permintaan, harga yang lebih tinggi akan mendorong jumlah produk yang ditawarkan akan lebih besar.
~ elastisitas permintaan, sifat permintaan pasar dapat mempengaruhi harga produk dari beberapa jasa dan volume penjualan, ini akan berbanding terbalik artinya bila terjadi kenaikan harga maka penjualan akan menurun dan sebaliknya. ~ persaingan, harga jual barang sering dipengaruhi oleh keadaan persaingan.
a. persaingan tidak sempurna, dimana barang barang telah dibedakan dengan memberi merek.
b. oligopoli, beberapa penjual menguasai pasar sehinha harga yang diterapkan dapat lebih tinggi dari pada dalam persaingan sempurna
c. monopoli, jumlah penjual yang ada hanya satu sehingga penentuan harga sangat dipengaruhi oleh permintaan barang bersangkutan, harga substitusi, peraturan harga pemerintah
~ biaya, dijadidikan dasar dalam penetapan harga, sebab suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan suatu kerugian.
~ tujuan perusahaan, biasanya mengharapkan suatu keuntungan.
~ pengawasan pemerintah, dapat diwujudkan dalam bentuk penetapan harga maksimum, harga minimum, dll.
~ daya beli masyarakat, akan membeli jika dia mampu
~ harga barang yang sejenis, jika ada perbedaan harga barang pengganti yang relatif lebih tinggi maka konsumen akan pindah kebarang lain.
~ jangka waktu perputaran modal.

baca juga:

Strategi Produk Dalam Pemasaran!

semoga bermanfaat sob..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2