Macam-macam Kebijaksanaan Harga Berdasarkan Pemasarannya!

Macam-macam Kebijaksanaan Harga Berdasarkan Pemasarannya!

Hai sobat marketer. pada kesempatan ini kita akan membahas kebijakan harga. kebijakan harga yang ditetapkan oleh perusahaan pada dasarnya merupakan tawaran kepada para pembeli. harga barang yang ditawarkan perusahaan mungkin saja diterima dan mungkin saja tidak. jika pembeli bersedia karena harganya sesuai maka produk akan laku dan sebaliknya. harga jual hasil produksi berkaitan erat dengan program pemasaran hasil produksi keseluruhan.
baca juga:

Unsur-unsur Saluran Distribusi dan Macam-macam Penyalur!


kebijakan harga yang ditetapkan pada sasaran pemasaran perlu di imbangi dengan adanya peningkatan kualitas produk. perbaikan mofl dan sebagainya. sebelum perusahaan menetapkan kebijakan harga produk berdasarkan pada pemasaran, terlebih dahulu perlu mempertimbangkan hal yang berhubungan dengan pasar. permintaan, penawaran, persaingan, atau keinginan lain. untuk mencapai tujuannya berikut macam macam kebijakan harga.
1. kebijakan harga dalam sasaran penguasaan pasar.
~ rapid skimming adalah penetapan harga penjualan produk yang tinggi tetapi kegiatan promosinya rendah, tujuannya mendapatkan laba yang tinggi.
~ rapid penetration, adalah penetapan harga penjualan yang rendah tetapi kegiatan promosinya tinggi. tujuannya agar perusahaan dapat menyusup dipasar dengan cepat.
~ slow skimming, adalah penetapan harga penjualan yang tinggi, promo rendah, tujuannyauntuk memperoleh laba sebelum pesaing masuk.
~ slow penetration, penetapan harga penjualan rendah, promosinya rendah, tujuannya menyerap produk dengan cepat dan menjaga biaya promosi.

2. kebijakan harga sasaran menghadapi saingan.
~ strategi premium, menetapkan harga tinggi dg kualitas tinggi
~ strategi penetrasi, menetapkan harga sedang diimbangi dengan kualitas tinggi
~ strategi super bargain, menetapkan harga produk murah kualitas tinggi.
~ strategi operpricing, menetapkan harga tinggi kualitas menengah
~ strategi kualitas, harga sedang kualitas sedang
~ strategi bargain, menetapkan harga produk murah, kualitas menengah
~ strategi cheap goods, menetapkan harga produk murah kualitas rendah
~ strategi shoddy goods, menetapkan harga sedang kualitas rendah
~ strategi hit and run, menetapkan harga soduk tinggi kualitas rendah.
baca juga:

Macam-macam Penetapan Harga Dalam Pemasaran!

3. kebijakan harga dalam sasaran para wiraniaga, pada umumnya para wiraniaga segan dengan produk bersain, maka oleh karena itu harga jual produk suatu perusahaan harus berani bersaing dan memberi keuntungan untuk wiraniaga. sekian pembahasan kita sob.. semoga menambah ilmu dan bermanfaat, amin..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2