Mengumpulkan Informasi Dilapangan Untuk Keperluan Riset Pemasaran!

Mengumpulkan Informasi Dilapangan Untuk Keperluan Riset Pemasaran!

Hai sobat marketer.. selamat datang di blog khusus tentang marketing.. pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai perencanaan pengumpulan informasi dilapangan, dapat dimulai dengan cara menentukan metode pengumpulan data primer.. selanjutnya sipeneliti penyiapankan pertanyaan dan mencoba pertanyaanya, menentukan sampel. dengan metode yang sudah ditetapkan serta dibekali pertanyaan pertanyaan para petugas riset dapat bekerja dengan baik mengumpulkan data yang diperlukan. tahapan pengumpulan informasi dilapangan umumnya mahal biayanya. adapun kesulitan didalam mengumpulkan informasi dilapangan diantaranya:

* jika rumah kosong, bila tidak ada orang yang akan di wawancarai maka pelaksanaan data harus diulang atau mencari responden lain.
* adanya penolakan untuk bekerja sama, orang yang akan diwawancarai menolak untuk diwawancarai
* bias dari responden sendiri, untuk menghindari penyimpangan dari responden pewawancara harus mengarahkan  cara menjawab yang baik, tepat, teliti dan benar kepada para responden agar tujuan riset yang di ingin dapat berhasil.

* bias pewawancara sendiri, pewawancara mungkin saja melakukan penyimpangan sehhngga menimbulkan prasangka dalam proses wawancara dengan para responden.

Strategi pengumpulan data dilapangan:
* pengumpulan informasi data dengan observasi.. pelaksan riset harus aktif dalam mengumpulkan data dari para konsumen, pengamatan dapat dilakukan dengan cara observasi, ini dapat dilakukan secara khusus.

* pengumpulan data dengan eksperimen, metode eksperimen dapat dipilih apabila lingkungan terkontrol, sehingga secara sistematis memperlihatkan sebab akibat.

* pengumpulan informasi data dengan survei.. ini dapat menghasilkan informasi tentang sikap, opini, tingkah laku dan sebagainya..

* pengumpulan data dengan wawancara, merupakan tanya jawab antara periset dengan responden untuk memperoleh data...

sekian pembahasan kita pada kesempatan ini. semoga menambah wawasan dan pengetahuan semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2