Tabulasi Dan Analisis Data Dalam Riset Pemasaran!

Tabulasi Dan Analisis Data Dalam Riset Pemasaran!

Hai sobat marketer.. selamat datang di blog khusus pembahasan ilmu marketing, dimana disini kami berbagi info dan ilmu mengenai marketing. pada kesempatan ini pembahasan kita adalah mengenai "tabulasi dan analisis data" setelah seua data yang diperlukan masuk. maka langkah selanjutnya mengumpulkan dan mengatur data data yang sudah terkumpul itu yang dibuat analisis dan statistiknya. cara ini sangat perlu sekali karena dapat membantu pembuatan analisis data. 

analisis data sangat penting sekali bagi decision makar, karena setiap kebijaksanaan pada dasarnya menginginkan perubahan dalam kegiatan pemasaran. untuk pembuatan tabulasi lay out daftar pertanyaan harus disusun sedemikian rupa agar disamping jawaban pertanyaan harus benar, dan juga tersedia kolom kolomnya. dalam tabulasi itu diberi tanda yang jelas, data yang sudah diolah dan dianalisis harus disajikan kepada yang membutuhkan. sebagai hasil pengolahan data, dapat menunjang karakteristik kelompok nilai yang diwakilinya, misal tentang jumlah produksi suatu perusahaan, jumlah penjualan produknya, jumlah sales, rata rata konsumsi, rata rata harga produk dan sebagainya.

selain hasil data diatas yang juga termasuk indeks produksi, indeks harga, indeks penjualan dan yang lainnya. dan tidak boleh lupa sebelum data disajikan dalam bentuk tabel maka urutan pengelolaan perlu memperhatikan hal sebagai berikut:

* editing, merupakan pembetulan kesalahan kesalahan dalang kuesioner
* coding, merupakan pemberiang angka angka tertentu terhadap kolom tertentu menyangkut keterangan tertentu juga.
* pauching, merupakan suatu proses untuk memasukan keterangan dari kuisioner kedalam kartu.
* worksh3t, merupakan lembaran kerja, apabila data data diolah dengan tangan atau dengan menggunakan mesin hitung sering digunakan lembaran kerja, work sheet.

sekian pembahasan kita mengenai tabulasi dan analisis data dalam melakukan riset pemasaran. semoga menambah ilmu pengetahuan anda dan semoga dapat bermanfaat sob..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2