Ini Sumber Informasi Riset Pemasaran!

Ini Sumber Informasi Riset Pemasaran!

Selamat Datang Di Blog Kami.. pada kesempatan ini pembahasan kita adalah "sumber -sumber informasi riset pemasaran" dalam melaksanakan riset pemasaran dan menentukan berbagai sumber informasi, sebaiknya para peneliti menentukan sumber informasi yang mana yang diperlukan. apabila tidak tersedia data primer dan informasi data sekunder maka langkah selanjutnya seorang peneliti harus mengumpulkan data sendiri:

1. data datanya harus lengkap. datanya harus lengkap sehingga dapat dipakai untuk menganalisis suatu masalah. apabila informasi data data yang dikumpulkan lengkap maka kemungkinan pengambilan suatu simpulan dan saran yang dikemukakan kuran sempurna, maka jika datanya kurang lengkap pengambilan keputusanpun akan gagal. oleh sebab itu sumber informasi yang diperlukan untuk riset harus bisa dipercaya kecenarannya..
2. data datanya harus dapat dipercaya, selain lengkap datanya harus dapat dipercaya, oleh sebab itu pembeli hendak berusaha memperoleh data yang sama dari berbagai sumber dan kemudian dibandingkan kebenarannya.

3. masih tetap berlaku, sumber data yang dipergunakan harus tetap berlaku sampai saat penelitian. data dapat diperoleh melalui primer maupun sekunder. data primer merupakan data yang secara khusus dapat dikumpulkan untuk keperluan penelitian, sedangkan data sekunder adalah data yang telah terkumpul oleh berbagai badan.

sumber sumber informasi data primer:
* langsung dari konsumen sendiri. sudah tentu tidak semua konsumen didatangi. cukup dengan mendapatkan sampel tertentu saja.

* pedagang perantara. seperti grosir, agen, makelar dan lain sebagainya. semua ini merupakan data yang bisa dipertanggung jawabkan.

* para penjual, para penjual biasanya mendapat pujian ataupun keluhan bahkan cacian dari para pelanggan tentang barang yang dijuaal, itulah sumber data yang bisa digunakan untuk kepentingan riset.

sumber-sumber data sekunder:
* catatan intern perusahaan sendiri, jika perusahaan sudah lama tentu banyak penyimpanan tentang pengalaman, hubungan, penjualan, pemasaran, financil, konsumen dan sebagainya. semua itu dapat dijadikan sumber riset.

* pemerintah, peraturan dan kebijakan pemerintah didalam pemasaran , perdagangan, perpajakan, penjualan dan sebagai nya merupakan sumber data yang bisa digunakan untuk riset.

* data statistik, ini merupakan sumber data yang termasuk sangat penting dalam riset pemasaran.

* perkumpulan perkumpulan dagang. merupakan sumber yang dapat untuk riset.

* media iklan seperti majalah, suratkabar, radio, tv yang mempublikasikan data tentang perdagangan yang dapat digunakan untuk riset.

sekian pembahasan kita mengenai sumber data informasi riset dalam pemasaran. semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2