Mempersiapkan Formulir Pengumpulan Data Untuk Riset Pemasaran!

Mempersiapkan Formulir Pengumpulan Data Untuk Riset Pemasaran!

Hai Sobat Marketer.. Selamat Datang Di Blog yang khusus berbagi ilmu pemasaran, dan kami sajikan secara simpel kepada anda. pada kesempatan ini pembahasan kita adalah mengenai "formulir pengumpulan data" dimana formulir ini merupakan bagian dari riset pemasaran dari perusahaan. mempersiapkan formulir pengumpulan data sangat penting jika kita akan melakukan riset. riset pemasaran pelaksanaannya harus menggunakan alat riset yang terpercaya. salah satu metode pengumpulan informasi dapat berupa formulir yang isinya pertanyaan pertanyaan, 

formulir ini biasanya disebut kuesioner. bentuk pertanyaannya yang dalam formulir bisa dibuat open ended atau secara close ended. pertanyaan open endee bisa dijawab bebas oleh konsumen/pembeli atau langganan. contohnya. sudah lamakah anda bekerja dibidang pemasaran? .. sedangkan pertanyaan untuk close ended adalah pertanyaan yang sudah dipersiapkan didalam formulir yang disediakan. jawaban ini mungkin pasti dan sesuai dengan riset. dan adapula pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda, tipe pertanyaan ini bermaksud mengajak responden memilih satu atau lebih pilihan yang tersedia. misalnya pertanyaan atau contoh pertanyaan seperti ini: alasan apakah yang mendorong anda tidak membeli barang barang keperluan sehari hari ditoko koperasi?..

a. harganya terlalu mahal
b. jauh dari tempat tinggal
c. belum menjadi anggota koperasi
d. pelayanan tidak memuaskan
e. mutu barangnya jelek.

gitu juga anda dapat membuat formulir yang memuat pertanyaan dua pilihan cotohnya:

1. apakah ibu suka menggunakan shampo merek sunsilk? ya tidak
2. apakah ibu dalam pembelian shampo merek sunsilk selalu ditoko dinar? ya tidak
3. setujukah, jika shampo merek sunsilk mutunya ditingkatkan?

itulah tentang pembahasan kita pada kesempatan ini, jadi formulir riset ini dibuat sendiri oleh perusahaan dan ini tergantung dari porsi masing masing perusahaan, karena tiap perusahaan tidak sama.

semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda sob..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2