Menentukan Banyaknya Penjual Yang Dibutuhkan Perusahaan?

Menentukan Banyaknya Penjual Yang Dibutuhkan Perusahaan?

Hai sobat marketer.. pada kesempatan ini pembahasan kita mengenai "cara menentukan banyaknya penjual yang dibutuhkan perusahaan" ini tergantung pada ukuran besar atau kecilnya perusahaan, maju atau tidaknya perusahaan, bentvk badan usaha, banyaknya penjual yang dibutuhkan perusahaan terdiri dari 2 bagian:
* staf penjual intern atau internal sales personal
* staf penjual eksteren. untuk menentukan banyaknya tenaga penjual dapat dilakukan dengan cara:
* intensive distribution, dengan ini diusahakan sebanyak mungkin kuantitas barang yang akan dijual dengan menggunakan sebanyak mungkin penjual. misalnya barang convenience goods memerlukan penyaluran secara intensif agar pembelinya tidak pergi.
* selective distribution, dengan cara seperti ini. banyak penjual ditentukan sangat sedikit, umumnya menuntut dilakukan distribusi selektif barang barang yang agak mahal.
* exclusive distribution, dengan cara ini banyak penjual ditentukan untuk daerah tertentu saja, pada umumnya banyak dipakai dalam:
* barang barang spesial
* barang barang ac, almari, dan sebagainya.

jumlah tenaga penjual yang dibutuhkan perusahaan prosesnya sebagai berikut:

* pendekatan kemampuan menjual, perusahaan bisa membuat rencana penjualan dengan menentukan kemampuan menjual produk yang dilaksanakan tenaga penjual.

* pendekatan beban kerja, cara ini dilakukan dengan perkiraan beban kerja dari para penjual, caranya adalah menentukan dulu jumlah banyanya kunjungan pelanggan.

* penfkatan produktivitas, cara penentuan tenaga penjual berdasarkan pendekatan produktivitas, kemampuan tenaga penjual dalam menjual juga pelayanannya.

praktik perhitungan tenaga penjual:

misal perusahaan putera chaniago web tekah meramalkan penjualan produk dimasa datang sebesar Rp. 4000.000 diperkirakan produktivitas penjualan per penjual Rp. 200.000 tingkat perputaran penjualan 20%/tahun. dari data itu dapat dihitvng banyaknya penjual rumus : v/s (1+y)
v: penjualan
s: produktivitas penjualan
y: persentase perputaran tenaga penjual.

jadi tenaga penjual yang dibutuhkan adalah 4.000.000/200.000 (1+20%)=20x1,20= 24 orang

jadi bermacam macam cara menentukan banyak penjual yang dibutuhkan terserah perusahaan memilih yang mana. semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2