Pengertian Bauran Pemasaran / Marketing Mix Lengkap!

Pengertian Bauran Pemasaran / Marketing Mix Lengkap!


Selamat datang diblog jurusan pemasaran, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bauran pemasaran atau yang sering disebut marketing mix
marketing mhx adalah strategi dibidang pemasaran yang difokuskan pada menciptakan kepuasan pengguna produk.

dalam merencanakan strategi pemasaran, beberapa perusahaan menggunakan banyak cara yang dikombinasikan jadi satu. inilah yang disebut marketing mix.

1. variabel marketing mix, ada tingkatan tinggi sedang dan rendah. masing masing tingkatan kualitas produk dan harga ini berhubungan dengan dasar dasar segdmentasi pasar dan marketing mix

juga ada hubungan baik dengan penetapan pasar. atribut2 produk yang di ingin konsumen menyangkut kualitas, manfaat, model, harga, warna, bentuk dsb. berikut pola atribut tersebut.
:
:: preferensi homogen, menunjukan suatu pasar dimana konsumen punya preferensi yg sama terhadap produk yang diingkan.

::: preferensi yang menyebar, disini konsumen mempunyai preferensi yang berbeda keinginannya terhadap produk

::: preferensi yang berkelompok, didalam produk kelompok segmen disebut segmen pasar natural.

2. komponen marketing mix

a. produk , adalah barang atau jasa yang ditawarkan pada pasar sasaran dimana ini diatur dalam perencanaan pemasaran.

b. harga, penetapan harga dibagi jadi 2, yaitu harga eceran dan harga grosir. harga harus diukur dengan nilai yg dirasakan dari tawaran itu, jika tidak maka pembeli akan beralih pada pesaing untuk membeli barang yang dibutuhkan.

c. tempat, merupakan lokasi berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjadikan produk dapat diperoleh dengan mudah dipasar. melalui grosir, eceran dan pedagang kecil.

d. promosi, sangat penting sekali. karena ini termasuk inti dari pemasaran, tanpa promosi maka tidak akan ada produk yang terjual.
Penerapan Marketing Mix

di marketing mix prinsipnya sama dengan ekonomis "untuk mencapai hasil tertentu usahakan pengorbanan sekecil kecilnya" "dengan pengorbanan sekecil kecilnya ingin hasil yang sebesar besarnya.


a. marketing mix harus seimbang, didalam pelaksanaan marketing mix usahakan keadaan seimbang, meskipun advertensi penting tapi melaksanakan advertensi besar besaran tanpa memperbaiki kualitas produk percuma.

b. marketing mix tidak boleh statis, banyak perusahaan menetapkan marketing mix tanpa melakukan peninjauan kembali. situasi dan kondisi mungkin sudah berubah dan marketing mix yang dipakai tidak lagi sesuai.

b. marketing mix tidak boleh meniru, jangan meniru perusahaan lain. sebab situasi dan kondisi tidak akan sama.

d. marketing mix harus bertujuan jangka panjang, ini karena marketing mix sangat komplek jadi biar hasil maksimal diperlukan penetapan jangka panjang

e. marketing mix harus disesuaikan dg situasi dan kondisi perusahaan, perusahaan harus menetapkan omzet yg akan dicapai. jika keadaan dana terbatas bisa ditetapkan marketing mix lebih dulu.

f. marketing mix harus didasarkan pengalaman.
semoga bermanfaat..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2