#Belajar Marketing Itu Sangat Menyenangkan Jika Kamu Paham!

Belajar Marketing Itu Sangat Menyenangkan Jika Kamu Paham!

Marketing atau pemasaran adalah sebuah ilmu yang sangat berkaitan erat dengan usaha/bisnis. Belajar pemasaran itu bukan sekedar belajar. bukan hanya membaca, ujian dan dapat nilai bagus.
bukan seperti itu... tapi belajar pemasaran itu adalah sebuah hal yang sangat kompleks, sangat mendalam. bahkan hampir semua lini bisnis tercipta , berkembang dan sukses karena marketing atau pemasaran.

pemasaran itu bukan hanya pasar .. ini yang perlu kita pahami. banyak orang yang salah kaprah. salah paham, salah pengertian dengan yang namanya pemasaran.. saat orang awam mendengar kata pemasaran dia akan berfikir langsung bahwa "pemasaran itu yah kerja dipasar, jual sayur, jual ini jual itu sambil berkata beli beli.. murah murah.. tinggal segini.. ayo dibeli dibeli.."


bukan. mereka salah besar. mereka orang awam berfikir demikian itu karena yang mereke tahu itu cuma pasar.. yah cuma pasar saja dimana mereka identik dengan pasar tradisional. padahal tidak demikian.

kalau cuma kerja dipasar seperti itu ngapain sekolah? yah gak?.. tamat sd udah bisa berhitung udah cukup ngapain harus sekolah sampai perguruan tinggi? mengapa ada jurusan manajemen pemasaran, marketing komunikasi dan sebagainya?.. ayo mengapa?..

jadi memang jika mindset orang awam yang dipakai maka yah begitulah yang akan terus menggerogoti kita.. jika kita paham... pemasaran atau nama keren nya marketing adalah ilmu yang sangat lengkap.

bahkan guru kepala sekolah saya bilang jika sekarang dia bisa memilih, dia lebih suka dengan ilmu pemasaran dan menjalankan ilmu pemasaran karena lebih bebas dan tidak jadi kepala sekolah.. karena saya dulu sempat nyesal masuk jurusan pemasaran, karena mindset orang awam seperti tadi. tapi... setelah kata kata itu saya malah menjadi orang paling bersyukur diterima dijurusan pemasaran.

awal awal belajar semua guru pemasaran bilang kami sangat beruntung, setelah menjalani waktu yang lumayan lama ternyata ilmu pemasaran itu ilmu yang paling berharga di dalam dunia bisnis.

nah ini nih yang perlu kita pahami.. ada orang awam tingkat 2 dimana mereka mengartikan pemasaran itu promosi. hanya sekedar promosi, tugas pemasaran hanya menjual, dan mendistribusikan udah gitu aja.. padahal tidak. sekali lagi tidak..

jangan sampai anda jadi orang awam tingkat 1 dan tingkat 2. tapi jadilah orang yang paling paham ilmu pemasaran.. jadilah cinta ilmu pemasaran..

inilah pemasaran yang sebenarnya: pemasaran itu seperti yang saya bilang diatas.. adalah ilmu yang sangat komleks. karena pemasaran itu mulai dari perencanaan produk, analisa produk, membuat produk, pengembangan produk, promosi, penyempurnaan kualitas produk, pelayanan yang memuaskan, sampai kepada evaluasi produk. nah itu yang namanya marketing atau pemasaran.

mari kita bahas secara lengkap :
jadi kita harus benar benar mencintai ilmu pemasaran agar bisnis kita sukses..

1. Perencanaan Produk.
untuk membuat produk baik barang ataupun jasa.. di ilmu pemasaran, kita membuat produk terlebih dahulu harus ada perencanaan produk.

nah diperencanaan produk ini ada segala macam ide dari manajemen pemasaran, direktur, manajer , dsb. meeting dilakukan untuk merumuskan ide ide dalam perencanaan membuat produk. setelah diyakini begitu sangat sempurna perencanaan tidak langsung membuat produk. karena ini hanya rumusan dan ide ide.. ada tahapan berikutnya.

2. Analis Produk..
di analisa produk ini lebih mendalam ke pengamatan tingkah laku konsumen.. manajer pemasaran dan semua lini pemasaran melakukan penelitian tentang kebutuhan dan keinginan konsumen atau calon pelanggan. disini ada berbagai cara yang dilakukan.. bisa dengan survei atau langsung mengajukan pertanyaan kepada beberapa orang. tentang apa yang diinginkan agar produk dapat memuaskannya. setelah analisa dan penelitian ini barulah membuat produk.

3. Membuat Produk.
setelah beberapa langkah yang ditempuh dalam ilmu pemasaran sekarang membuat produk.. karena ini juga bagian daripada ilmu pemasaran itu.. dalam membuat produk ada beberapa hal yang dilakukan seperti memilih bahan

berkualitas, pemasok yang cukup, sterilisasi bahan, dsb. kemudian barulah menciptakan dan membuat produk sesuai standar. kemudian jika berupa pemakaian harus ada SNI jika berupa makanan/minuman harus diurus BPOM / label halal dari mui. ini juga bagian pemasaran.

4. Membuat Kemasan.
ini juga ilmu pemasaran, dimana kita harus membuat kemasan yang menarik dan memikat konsumen agar tertarik untuk membeli.. kita harus bisa menciptakan kemasan yang bisa menjual produk itu. seperti nama, kata kata, warna, ukuran dsb.. intinya bagaimana agar kemasan dapat menjual produk. inilah tugas manajer pemasaran.

5. Penyempurnaan Kualitas. setelah produk berhasil dibuat tugas marketing selanjutnya adalah uji coba produk.. mencari kekurangan produk, mencari kelemahan dan memperbaikinya agar siap bersaing dengan produk dari perusahaan lain. disini biasanya dilakukan uji coba dari 2 minggu sampai 1 bulan atau lebih.


6. Promosi Dan Penjualan Secara Umum. setelah dinyatakan layak.. maka tugas marketing selanjutnya adalah memasar  kan produk. nah orang awam mengira pemasaran itu hanya dibidang ini saja.. hanya promosi, padahal dari nomor 1 sampai nomor ini adalah bagian dari ilmu pemasaran.. di bidang promosi ini, tugas pemasaran yang paling besar yah dibidang ini..

dimana harus bisa mendapatkan nilai penjualan paling banyak, menciptakan penjualan fantastik. inilah tantangan paling besar dimana diatas penyempurnaan kualitas kita juga harus memikirkan bagaimana mengatasi persaingan dan memenangkannya. disini ilmu strategi pemasaran lah yang diperlukan.

7. Pelayanan Yang Memuaskan.. setelah produk beredar dipasaran kita harus bisa mengotrol pramuniaga agar bisa memberikan pelayanan yang paling bagus.. karena kepuasan pelanggan juga merupakan aspek penting. jadi disini yang dibutuhkan adalah komunikasi yang baik.. pengetahuan produk, dan keramah tamaan. jangan sampai konsumen merasa sakit hati karena pelayanan yang buruk. ini bisa merusak citra usaha dan produk sampai bisa berakibat Produk GAGAL. ini yang harus dihindari tentunya.

8. Evaluasi Produk. ini adalah langkah terakhir dibidang marketing dalam bisnis. dimana kita mengevaluasi kinerja produk. apakah sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen? apakah sudah sangat berkualitas? apakah cukup menandingi perusahaan lain?.. nah disinilah kita mempelajari kekurangan produk kita. kemudian kembali memperbaharuinya.

jadi anda sekarang paham kan apa itu pemasaran? jadi pemasaran itu sangat kompleks bahkan dari rencana membuat produk saja sudah diterapkan ilmu pemasaran. semoga kita semakin mencintai ilmu pemasaran. karena ilmu pemasaran sangat penting di bisnis kita.

saya Musmulyadi lebih dikenal imuel putera dan imuel chaniago di dunia internet marketing. senang bisa memberi pemahaman kepada anda. semoga anda mencintai ilmu pemasaran seperti kami dan mereka. semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2