#Apa itu Content Marketing? dan bagaimana Cara Menerapkannya?

Apa itu Content Marketing? dan bagaimana Cara Menerapkannya?

content marketing atau dalam bahasa indonesianya pemasaran konten adalah konten yang dibuat dengan sedemikian rupa yang dapat menarik perhatian audiens sehingga melakukan action terhadapannya sebelumnya anda perlu tahu dulu agar tidak ada kesalah pahaman..

pemasaran/marketing adalah kegiatan yang menyeluruh yang didalamnya terdapat perencanaan, analisa dan penelitian, membuat, mempromosikan dan evaluasi serta perbaikan kualitas. nah yang  menarik disini adalah, kebanyakan orang awam mengartikan pemasaran itu hanya mempromosikan. karena mereka hanya mengutip kata pemasaran, tapi tidak mendalami ilmu pemasaran itu sendiri. dulu disekolah saat awal masuk di jurusan pemasaran saya ditanya kamu milih jurusan pemasaran tahu gak apa itu pemasaran?

spontan saya jawab pemasaran itu ilmu yang mempelajari tentang promosi. kemudian ibu guru bilang, bagus.. tapi tidak benar, pemasaran itu tidak hanya promosi tapi semua aspek dari mulai perencanaan analisa pasar, strategi , pembuatan produk, promosi, pelayanan prima, evaluasi dan penyempurnaan kualitas. bisa dibilang pemasaran adalag prosedur kompleks dari sebuah bisnis.

jadi sekarang pahamkan itu pemasaran? jadi.. jangan jadi orang awam lagi.. sekarang kita mendalam ke content marketing, bisa dijadikan dua pengertian. pertama , content marketing untuk produk artikel seperti isi blog: membuat konten agar orang tertarik membaca sampai habis.

artinya orang tidak loyo, penasaran, sampai mereka membaca sampai akhir artikel anda. dan tahukan? semakin orang berlama lama diblog kita maka blog kita akan semakin dianggap bagus oleh search engine. jadi teknik ini bisa diterapkan untuk artikel blog , intinya membuat artikel tidak hanya berkualitas tapi juga menarik pembaca agar meneruskan membaca sampai habis. karena artikel adalah produk jadi itu yang harus anda lakukan. ini bisa dikategorikan kedalam seo onpage.

kedua, content marketing untuk penjualan online: disini lebih mendalam lagi dari yang diatas dimana disini produk kita adalah barang atau jasa, bukan lagi artikel. arti singkatnya kita membuat tulisan yang menarik pembaca menjadi customer anda dan mereka termotivasi untuk membeli produk karena tulisan anda memikat dan menimbulkan ke inginan atas produk yang ditawarkan.

sekarang bagaimana cara menerapkan content marketing itu?


caranya sangat mudah jika basik anda adalah pemasaran , tapi... tidak sulit juga walaupun basik anda it, guru, petani dsb.

intinya adalah anda perlu belajar bagaimana menyusun kata demi kata dari setiap konten anda menjadi wah... bagaimana kata kata dikonten anda membuat pembaca seolah terhipnotis dan membuat mereka semakin tertarik, sampai membaca keakhir konten dan jika produk anda penjualan berupa barang atau jasa bagaimana anda menggambarkan produk anda sehingga membuat pembaca merasa butuh, kemudian diakhir konten atau tulisan anda mampu menciptakan kata per kata yang membuat mereka action, yaitu membeli produk anda.

sekarang anda sudah mulai paham bagaimana menerapkan content marketing?

mungkin... sebagian dari anda cukup paham, bahkan dari pengertiannya saja anda sudah paham. ini berarti anda menguasai ilmu marketing. tapi... jika anda benar benar awam tentang marketing pasti anda masih bingung. betul?... tidak masalah, jadi mari kita perjelas lagi. kali ini saya berikan contoh content marketing untuk penjualan.

silahkan anda baca tulisan yang ada di gambar dibawah ini:


lebih lengkapnya baca disini

itu adalah contoh content marketing untuk penjualan, anda  lihat kata perkatanya.. cukup menarik perhatian bukan?.. tapi itu belum dinyatakan sempurna content marketing mereka karena masih kurang dari segi interest. tapi ini cukup memberi pemahaman kepada anda tentang bagaimana contoh konten marketing penjualan. sekarang contoh content marketing untuk artikel seperti apa?

contohnya seperti artikel ini.. saya berusaha membuat anda tertarik membaca sampai akhir artikel ini. jika anda membaca sampai akhir ini berarti content marketing untuk artikel ini sukses..  tapi.. jika anda tidak membaca atau melewatkan beberapa bagian diartikel ini berarti saya gagal menerapkan content marketing diartikel ini.. maklum.. ilmu marketing saya baru secuil, mungkin anda mau kenal dengan saya?.. saya imuel chaniago pendidikan  vocation marketing/jurusan pemasaran SMK dan terus menekuninya melanjutkan di jurusan manajemen pemasaran/marketing management di PT.

Salam hangat dari saya, semoga anda cukup paham dengan apa itu content marketing dan seperti apa penerapannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2