Pemasaran digital, lakukan atau anda kalah.

Hai sahabat marketing, dijaman yang sudah serba canggih ini kita perlu merambah strategi baru. Strategi itu adalah pemasaran digital, seperti judul kita jika kamu tidak terjun kepemasaran digital maka kamu akan kalah sama pesaing, yap.. pesaing tentu juga melirik cara pemasaran ini , jadi anda bersaing tidak hanya dengan pemasaran konvensional tapi juga pemasaran lewat online.
Pemasaran online atau yang biasa kami sebut pemasaran digital ini memang sangat penting sekali dimana kita bisa menjangkau pasar seluruh indonesia bahkan dunia.. dunia sangat terbuka untuk kita memasarkan produk melalui sarana ini.

Karena yang mengakses internet bisa siapa saja dan dimana saja. Betul bukan?.. supaya kamu tidak ketinggalan dan tidak kalah saing mau tidak mau kamu harus juga menerapkan sistem pemasaran digital. Jadi kamu memang harus belajar lagi bagaimana cara melakukan pemasaran digital ini.
Tenang sob, di artikel ini kita juga akan membahas sedikit bagaimana cara melakukan pemasaran digital dan juga prosedurnya, akan tetapi mungkin memang u
tidak serinci sekali karena jika kami menjelaskan rinci disini bisa sampai setebal buku kamus kalau ditulis. Jadi kami menjelaskan inti dan pointnya saja, tinggal siasat kamu yang harus giat lagi belajar.
Mengingat pentingnya pemasaran digital ini kami akan berikan point ponitnya saja.
1. Tempat pemasaran digital, tempat pemasaran digital ini maksudnya adalah alat kalau tempatnya tentu saja online di dunia maya yah sob di awang awang gitu hehe.. tempat atau media ini misalnya website, misalnya website toko online, kamu bisa membuat toko online sendiri kemudian kamu share ke media sosial kamu. Kamu juga bisa beli jasa pembuat website toko online ini, banyak kok di internet bertebaran jasa ini. Disana sudah lengkap link JNE atau TIKI biasanya sih JNE karena JNE sudah punya web untyk partner pebisnis online ini.. jadi kita tinggal paking barangnya dan kasih sama jne kemudian komunikasikan dengan customer kamu.
Kamu juga bisa melakukan diwebsite pihak ketiga misalnya bukalapak atau tokopedia atau kamu punya folowers banyak di intagram manfaatin saja buat jualan kamu enak bukan?
Kamu juga bisa menjual produk di youtube, kamu tinggal membuat video demo produknya dan kembangin chanel youtube itu agar besar.
Jadi sangat mudah kan tempatnya?
2. Cara pembayarannya bagaimana?
Nah cara pembayarannya kamu bisa tuh taruh nomor rekening kamu di website youtube atau sosial media tempat kamu menjual produk.. dengan kebijakan kamu sendiri minta customer kamu untuk mengirim kan foto bukti transfer bisa ke whatsapp kamu.
Kamu bisa atur pembayaran dulu tapi barang sedang di pengiriman atau pembayaran setelah barang sampai. Tapi kebanyakan pebisnis online harus transfer dulu baru deh barang dikirim yah takut nanti pelanggannya tidak jujur kan?
3. Pengiriman bagaimana?
Soal pengiriman sangat mudah sekali sob.. kamu bisa lewat jne tiki pos dan lainnya kamu tinggal kunjungi aja tempatnya yang terdekat jadi sangat mudah sekali sob, tapi yang banyak digunakan adalah JNE karena mereka punya website dan alat untuk kita memantau dimana barang kita apakah sudah sampai apa belum jadi JNE recomended buat kamu.
4. Paking barang
Soal paking barang kamu bisa lakukan sendiri atau sama partner kamu, jika sudah besar kamu bisa rekrut karyawan jadi ini hal yang mudah saja sebenarnya.
5. Manajemen usaha
Nah manajemen juga penting bagi kamu sob, jangan sampai karena manajemen anda jelek maka customer terbengkalai, barang telat dikirim .. jika barang tidak ada bilang tidak ada dan jangan pernah menjanjikan barang yang tidak ada kepada customer misalnya kamu kehabisan stok. Kecuali memang kamu punya network atau jaringan yang sudah dikonfirmasi ada maka hal ini tidak masalah.. dari segi manajemen sangat banyak sekali yang perlu kamu perhatikan. Jadi kamu tinggal mantapkan saja manajemennya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2