Hal Penting sebelum kamu memilih endorser untuk Produkmu


Hai sahabat pemasaran, akhir akhir ini banyak sekali para pebisnis memilih jaringan atau media iklan di instagram dimana instagram ini sangat maju pesat, terlebih sekarang instagram sudah diakuisisi oleh facebook media sosial paling berpangaruh.

Dan sebagai pebisnis dan pemasar tentunya kita juga harus melirik peluang ini jangan sampai kita tertinggal strategi dari pesaing.


Gea idol endors by game aov 
(Perhatikan like dan komentar)

Oleh karena sudah sangat bagusnya media instagram ini sudah banyak para pelaku pemasaran melakukan endorsing, dimana endors ini memberikan produk kita untuk dijadikan postingan oleh pemilik akun instagram yang sudah banyak folowers biasanya artis, dan kita memberikan produk itu ditambah kita memberi honor untuk endorser tersebut.

Endorser ini bisa berbentuk video ataupun foto, tapi kebanyakan adalah foto, namun video lebih bagus lagi dan budget untuk endorser ini juga lebih mahal tentunya.

Agar tidak salah pilih endorser untuk bisnis kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih endorser tersebut.

Endorser tidak harus artis yang penting adalah lihat aspek berikut:

1. Memiliki folowers banyak dan folowers itu aktif
Yah inilah yang sangat perlu diperhatikan, bukan hanya banyak folowers tapi tentang keaktifan folowers itu. Karena saat ini folowers juga bisa dibeli, banyak jasa jasa folowers di google bahkan ada yang menawarkan 10 k folowers, tapi apakah akun itu aktif? Nah inilah yang perlu kita perhatikan pertama kali, lihat seberapa like postingannya, misalnya folowersnya 10 k yang like 100 orang apakah produk kamu akan terjual?

Misalnya folowersnya 10 k likenya 3 k, lumayan?... berapa komennya?.. nah komen inilah yang paling penting sob, untuk menentukan keaktifan folowersnya dengan komentar komentar diakunnya itu, misalnya folowersnya 10 k like 3 k komentar 50 orang, apakah produk kamu akan terjual? DIRAGUKAN...,

jadi komentar inilah yang menentukannya, semakin banyak komentar dipostingannya maka itulah endorser yang tepat.

Misalnya folowersnya 10 k like 3k komentar 1k nah, disini baru ada titik harapan berarti folowers nya banyak yg aktif dan folowers nya real.

Namun tidak hanya itu saja yang perlu diperhatikan dalam memilih endorser.
Lanjut...

2. Apakah bisnis kamu cocok dengan hobinya endorser, sebenarnya ini tidak terlalu berpengaruh. Tapi ada pengaruhnya sedikit, dimana secara logika orang yang suka jenis produk kita akan lebih mudah menjualkan produk kita dibanding orang yang tidak pernah atau tidak suka sama produk kita, namun jika kamu memiliki fotografer juga di tim marketingmu ini tentu akan bisa dibatasinya, dia akan mengaturnya untukmu.

3. Apakah endorser mau endornya berbentuk video?
Karena saat ini video lebih mudah untuk menyampaikan maksud, dimana divideo kita bisa memaksimalkan endorsing. Perlu diperhatikan juga disini videonya harus jelas atau hd kalau bisa 4k juga semakin bagus, juga kontennya harus berbobot padat dan singkat , mana ada orang mau menonton iklan 15 menit di media sosial? Mungkin ada tapi kecil kemungkinan, idealnya adalah 30 detik sampai 1 menit. Dan perhatikan juga apakah saat video demo produk kamu pas dan tampak jelas, jangan lupa juga apakah audionya bagus, karena produk kamu harus terdengar jelas.

4. Apakah dia suka membuat quote.
Yah quote juga berpengaruh untuk folowers sob, ada juga folowers yang suka karena quote dia.

Tentu kamu harus menjelajahi akun nya terlebih dahulu untuk mengetahui hal ini, jika si endorser ini nyatanya bagus quotennya dengan dibuktikan banyaknya komentar maka tentu dia akan bisa juga membuat quote produkmu, sebelumnya kamu bisa diskusikan ini dengan si endorser tentunya apakah keduanya sepakat atau ada yang mau di perbaiki.

5. Pilih endorser cantik atau ganteng.
Disini bukan maksud membedakan ciptaan tuhan yah sob, karena itulah kelebihan mereka kecantikan dan kegantengannya bisa menjualkan produk kamu. Apakah dia suka berpose yang imut elegant dan lihat peluang dimana pasnya produk kamu bisa terjual,

Saat ini banyak folowers itu memfollow karena kecantikan dan kegantengan, jika begini maka komentar disetiap foto tentu akan semakin banyak, dan seperti yang kita bilang tadi menentukan folowers aktif adalah dengan melihat banyaknya komentar.

Mungkin itu saja hal yang perlu diperhatikan dalam memilih endorser untuk bisnismu, tentu kamu akan lebih mudah mencari endorser terbaik untuk produk bisnismu dengan tips diatas.

Sekian artikel kita dikesempatan kali ini semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2