Video Lebih Efektif untuk Promosi? Mengapa harus Video?

Hai sahabat marketer, dikesempatan kali ini saya mau bahas mengenai promosi. Menurut saya promosi adalah cara memperkenalkan produk kepada orang lain dan membuatnya tertarik (make interesting) .
video efektif untuk promosi

Ada banyak sekali cara promosi di bidang marketing atau pemasaran, diantaranya seperti promosi dengan iklan di tv, promosi dengan iklan di situs, promosi dengan iklan di media massa.

Ada bentuk promosi iklan teks ada yang berbentuk gambar ada yang berbentuk video. Nah yang paling menarik disini dari banyaknya riset yang dilakukan para marketer dan menurut saya itu benar, yang paling efektif adalah media promosi berbentuk video.


Banyak perusahaan besar berlomba lomba mengiklankan produk di stasiun televisi padahal ada beberapa perusahaan yang kurang lebih sama produknya, mereka saling mengambil hati calon customer.

Video iklan yang menarik dan bagus tentunya sangat disukai penonton dan mereka akan tertarik.

Misalnya saja saya suka dengan marketernya Aqua. Pernah lihat iklan Aqua yang ada orang jepang terjebak di lift dan seorang bertanya kepada yang lain .... "ada yang bisa ngomong jepang" trus salah satu angkat tangan dan melangkah ke depan lift dan kemidian bilang "Jepangggggggggg".... trus semua ternganga ....


Disitulah menariknya, penonton juga akan merasa terhibur dengan iklan dan malahan iklan itu dinanti nantikan untuk ditonton, walaupun berkali kali ditonton tapi enak.


Selain itu mengapa video adalah media yang paling efektif untuk Promosi?
Banyak orang sekarang suka menonton dari pada membaca, termasuk juga belajar, banyak orang suka belajar dari video dari pada artikel. Misalnya saja di youtube kamu bisa membuat video di youtube tentang produk.

Atau Kamu bisa ngiklanin produk kamu di youtube, facebook, instagram dalam bentuk video.
Untuk beriklan di youtube kamu bisa join di adwords. Untuk iklan di facebook dan instagram kamu bisa join di fbads.

Misalnya di youtube, kamu sering lihat iklan Skip ad? ... biasanya iklan diawal video atau iklannya "video akan diputar setelah iklan"...

Banyak perusahaan rela mengeluarkan milyaran rupiah untuk ngiklan di youtube dan apakah mereka mendapat hasilnya?
Menurut saya mereka sangat puas karena mereka melakukan iklan itu berkelanjutan artinya mereka mendapatkan hasil dari sana, kamu tentu juga tahu bagaimana seorang youtuber mendapatkan penghasilan ratusan juta perbulan dari youtube. Artinya perusahaan yang ngiklan ke youtube rela mengeluarkan modal yang sangat besar untuk produk mereka dan ini berarti promosi itu penting.

Tapi yang terpenting dan yang paling penting adalah bagaimana video itu mampu menyampaikan maksud produk kamu. Kamu menonjolkan produk dari segi mananya?.. maka buat lah video yang menonjolkan kelebihan produk itu.

Jadi kesimpulannya:
Memang video lebih efektif untuk media promosi dari pada iklan teks. Membuat video promosi bukan berarti harus iklan video. Kamu bisa membuat video promosi di youtube jika suscriber banyak, kamu bisa membuat video promosi di instagram jika folowers banyak.

Jika tidak banyak? Mau gak mau harus rela keluar uang demi promosi, karena promosi itu penting.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2