20 Juta Bisa Buat Usaha GROSIR dan Retail? Gimana Caranya

hai sahabat marketer, dikesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai cara membangun bisnis ritel atau membuat toko ritel, tapi bagusnya disebut grosir menengah saja. jadi barang barang yang kita punya itu ada semua, atau hampir lengkap, akan tetapi kita hanya punya uang 20 juta saja,

nah 20 juta disini maksud saya tidak termasuk dengan bangunan, kalau bangunan diluar ini kamu bisa membuat bangunan di lahan orang tua misalnya lahannya itu dekat keramaian itu bagus, atau yang banyak dilakukan orang adalah dengan cara menyewa toko atau mengontrak.

source: academia-salamanca.info

jadi uang 20 juta itu diluar bangunan dan hanya barang dagangan, atau barang retail, jadi sebenarnya untuk membangun usaha grosir kamu butuh modal ratusan juta, karena di grosir itu barang yang dijual adalah per pak atau per box bukan per pcs, nah disini kita bukan juga membangun grosir seperti itu akan tetapi semi grosir bisa disebut toko ritel.

jadi cara agar bisa memiliki hampir seluruh barang yang ada di grosir adalah dengan cara membeli per satuan, nah bagaimna caranya nanti kita bahas, lanjut dulu dibawah ini:

Cara membuat Toko semi Grosir atau Ritel Modal 20 juta

1. Analisa Pasar
jadi sebelum kamu memutuskan untuk membuat toko semi grosir di tempatmu kamu harus melakukan analisa pasar terlebih dulu termasuk juga dengan riset pasar, ini berguna untuk kemajuan usaha kamu nantinya,
di analisa kamu bisa mengetahui potensi pasar, pesaing, barang apa saja yang biasanya ada digrosir dan sebagainya, kamu catat apa saja poin poinnya dan seimpan sebagai bahan strategi.

2. Menentukan Usaha grosir apa?
nah kamu harus tau kamu juga harus jeli melihat peluang itu, diantara macam macam grosir itu ada grosir harian, grosir sembako, grosir kebutuhan pangan, grosir tani, grosir bangunan dan sebagainya, akna tetapi banyak orang membuat grosir kebutuhan harian.  maka silahkan pertimbangkan jika menurut modal 20 juta maka yang cocok adalah grosir harian

3. Membeli produk dari mana?
nah disini kamu bisa mendapatkan banyak barang dengan 20 juta saja, jadi ada banyak sekali namanya penyalur, biasanya adalah penyalur pertama, kemudian penyalur toko grosir besar, kemudiaan ada juga penyalur yang tidak resmi artinya dia juga membeli barang kemudian dijual kembali biasanya ini dilakukan didesa desa.

nah bagaimana mendapatkan barang itu, jika kamu membeli di grosir besar kamu akan mendapat harga murah akan tetapi kamu tidak bisa beli per pcs sedangkan kamu harus beli per pcs agar bisa membeli semua jenis barang dengan uang 20 juta, sedangkan di grosir besar itu dijual per box atau perkotak.

jadi yang bisa kamu lakukan adalah membeli dari distributor resmi atau distributor utama, nah ini biasanya misalnya unilever, maka dia ada mobil yang kusus membawa produk unilever saja nah mobil atau bisa disebut distributor ini adalah kuncinya, jadi kamu harus bisa membeli barang dari distributor seperti ini karena di mereka kamu bisa beli eceran, beli per pcs, beli per lusin, artinya tidak harus per box. nah untuk cara pembelian misalnya kamu beli sabun jenis A 5 biji jenis B 5 biji bahan itu 10 biji, yang ini 5 biji, yang itu 5 biji artinya kamu bisa menyesuaikan budgetmu untuk membeli barang dari distributor ini dalam jumlah yang sedikit akan tetapi dapat banyak barang.

berlaku juga untuk distributor merek lain misalnya indomarco dan sebagainya, jadi hanya begitu cara membeli barang dengan modal 20 juta, maka kamu akan dapt banyak jenis produk dan kamu bisa memulai usaha semi grosir atau ritel ini.

4. bagaimana cara mendapatkan distributor itu?
kamu bisa saja bertanya ke grosir terdekat, jangan malu bertanya karena mereka pun biasanya terbuka soal ini, dan kamu bisa juga menemukan nya diwebsite merek tersebut, misalnya unilever kamu cari di web unilever begitupun indomarco


nah jadi begitulah cara agar bisa membuat usaha semi grosir yang modalnya hanya 20 juta jadi kamu bisa mengakali dengan cara seperti ini untuk awal awal memulai bisnis. tertarik untuk mencoba?
silahkan yah.. jangan lupa berkomentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2