Siapa Target Market Usaha Anda? Apakah Sasaran Promosinya sesuai

hai sahabat marketer dikesempoatan kali ini kita akan membahas amengenai target market, atau pasar sasaran atau juga sasaran promosi, lalu apa itu target market? Target market atau Pasar sasaran adalah: Sekelompok konsumen atau pelanggan yang secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.

nah dalam hal target market kita perlu yang namnya segmentasi pasar,
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen

nah sekarang pertanyaannya adalah
Siapa Target Market Usaha Anda? Apakah Sasaran Promosinya sesuai?
jika anda menjual barang misalnya smartphone dengan harga 5 juta ke atas maka target anda adalah orang dari kalangan menengah keatas.

target market, pasar sasaran, menentukan target pasar
source: tes.com

jika kamu menjual sayur sayuran maka target kamu adalah ibu ibu, jika kamu menjual mainan maka target market kamu adalah anak anak.

nah sampai disini saya rasa kamu sudah paham dengan yang dimaksud target market ini, nah yang perlu kamu lakukan adalah memahami produk kamu atau product knowledge, dan jika kamu paham produk maka kamu akan paham target marketnya,

jangan sampai salah target.....
yah banyak marketer salah dalam meneraplkan target market, bukan yang disasar adalah target market akan tetapi segmen pasar lain, ini artinya percuma bukan?

contoh lagi misalnya anda adalah agen asuransi kemudian anda menawarkan produk ke orang orang maaf dalam tanda kutip orang dikampung, maka persentasi anda dapat nasabah sangat kecil karna itu bukan target market anda, nah target marketnya adalah orang orang dikawasan perkotaan yang menyadari mereka butuh asuransi.

jadi target market ini harus sesuai, kemudian setelah target market sesuai apakah sasaran promosinya sesuai?, nah disini kadang kembali lagi terjadi kesalahan dari marketer dimana mereka tau target market akan tetapi mereka salah sasaran dalam hal promosi,

misalnya target mereka adalah anak muda atau pelajar mereka iklan di tv jam 11 malam keatas dengan alasan lebih murah, itu malah akan salah sasaran.
atau ngiklan di facebook sasarannya anak muda yang masih sekolah akan tetapi rentang usianya dipilih 25-40 tahun maka ini sudah tentu salah sasaran promosi, maka iklan akan tampil ke orang orang tua bukan sesuai sasaran, maka kerugian biaya pemasaran akan terlihat.

jadi apakah anda suidah tahu target market usaha anda? apakah sasaran promosinya sesuai?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2