Apa Itu Siklus Hidup Produk? | Product Life Cycle

Hai, sahabat marketer, dikesempatan kali ini kita akan membahas mengenai siklus hidup produk, atau bahasa kerennya product life cycle, pertama apa sih itu product life cycle?

Product life cycle adalah bagaimana suatu produk hidup dalam lingkungan pasar yang merupakan suatu kesatuan yang didalamnya mulai dari peluncuran, dikenal masyarkat, sampai popularitas kemudian turun lagi.

nah dalah product life cycle tentu kita ingin produk kita itu naik atau setidaknya stabil lah , kalau endingnya turun pasti tidak menyenangkan, nah itulah mengapa pentingnya kita membahas tahapan kehidupan pasar ini supaya kita bisa menghadapi segala keungkinan tersebut

source: nsrcel.org

Nah agar lebih jelas kita pahami pengertian dari siklus produk itu dulu yah, siklus hidup produk itu terbagi atas 4 sob, berikut penjelasannya:

1. Introduction / Perkenalan
nah disini sob, produk baru dikenalkan kepasar. Tujuan pemasaran kita masih berpusat dalam segi menarik perhatian masyarakat atau calon costumer serta mengundang investor-investor, jadi semacam cari perhatian.  penjualan akan sedikit meningkat setelah melakukan promosi, siapa yang tidak suka promokan?. katalognya mungkin belum ada dan produknya mungkin baru beberapa macam. danr distribusi mungkin sedikit dan harganya masih bergantung pada jenis produk.

2. Growth/ pertumbuhan
disini sob, produk mulai dikenal orang dan kemudian mungkin saja heboh. Tujaun pemasaran bukan  menarik perhatian lagi disini, akan tetapi lebih ke perluasan lini produk dan macam macamnya. persaingan mungkin mulai banyak akan tetapi profit dan jumlah penjualan mulai meningkat. harga sudah mulai bervariasi. Lokasi pendistribusian juga makin luas, pemasaran disini mulai melakukan inovasi..

3. Maturity/ kejayaan
nah ditahap ini sob, tujuan pemasaran adalah mempertahankan kualitas produk dan itu tidak lah mudah sob, Penjualan  disini sudah mulai stabil,jumlah pesaing banyak, jumlah produk kita juga banyak, dan jika sampai salah strategi maka bukan tidak mungkin kita akan disingkirkan oleh pesaing bukan?

4. Decline/ penurunan
nah mungkin kamu gagal mempertahankan kejayaan sob, disini, penjualan sudah menurun dan pendapatan menurun dan lini produk mulai dikurangi, pemasaran disini kembali ke awal yaitu mengajak orang untuk tahu kembali, ini paling susah kalau di life cycle.

jadi sob, itulah pengertian siklus kehidupan produk atau produk life cyle, jika kamu ingin tetap dalam kejayaan, maka kamu perlu yang namanya strategi jitu.

jangan lupa tinggalkan komentar yah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2