Merekrut Salesmen Hebat Terbaik Dari Yang Baik | Ini Caranya

Hai sahabat marketer, dikesempatan kali ini saya mau ngebahas mengenai salesman, jika ada yang mau jadi saleswomen boleh lah diganti salesman ke saleswomen, tapi biasanya disebut SPG sih yah kan?
Nah, bicara mjengenai sales, pasti yang terlintas di otak kita adalah orang itu pandai berbicara, pandai merayu, dan pandai mengajak. padahal bukan itu saja poinnya.

salesman yang hebat adalah mereka yang mengetahui tentang produk dan bagaimana mereka berfikir untuk menciptakan strategi agar produk yang ditawarkannya laku. jadi dalam hal ini aspek product knowledge juga ada, jadi percuma kan punya salesman tapi dia cuma bisa banyak ngomong, pas ditanya tentang produk dia tidak tahu, apakah kamu mau rekrut orang seperti ini?

Nah yang menarik disini adalah kita juga sering menyamakan salesman itu dengan tenaga pemasaran atau tenaga marketing,  padahal itu beda loh, yah beda sekali.. memang tujuan mereka sama yaitu menjadikan produk agar terbeli.

Pekerjaan sales sering dianggap pekerjaan yang sangat rendah,
Apakah setiap sales yang kamu ambil atau rekrut saat ini mampu memberikan hasil yang maksimal?
atau kamu tidak memberikan target penjualan kepada mereka?
dan apakah tenaga penjualan itu sesuai dengan yang ikamu inginkan?

sekitar 80% dari pendapatan perusahaan dihasilkan dari 20% salesman
oh iyah kamu juga harus tahu target salesman kamu, apakah target penjualan mereka tercapai atau tidak,

Jika kamu ingin merekrut salesman dalam waktu dekat ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar kandidat yang kamu pilih sesuai dengan harapan nantinya:

Kesalahan dalam merekrut Sales
1. Perusahaan sering melakukan wawancara sales dengan seadanya, dalam artian dia tidak punya standar dalam merekrut salesman, dia tidak punya patokan, dan yang salah disini adalah managernya yaitu kamu.

2. kemudian juga dengan Pertanyaan yang tidak efisien, yah harus kita akui manager banyak menanyakan paling yah sertifikat? ijazah? pengalaman? tanpa melihat lebih dalam, bisa jadi orang yang tidak berpengalaman sekalipun bagus jadi salesman karena mereka mengerti dari pada yang mengandalkan surat pengalaman.

Baca Juga Pemegang kepentingan Dalam Bisnis
4. Manajer mengandalkan insting
kebanyakan dari mereka yang merekrut salesman asal asalan adalah karena menurutnya penampilannya sesuai, mungkin lebih mirip ke diannya, akan tetapi dia tidak benar benar melihat atau memberikan training yang sesuai.

5. Mungkin perusahaan tidak punya referensi,
yah sebenarnya mencari referensi bukanlah hal yang mudah, tapi kalau ingin mendapatkan yang terbaik kenapa tidak? ini yang menurut saya jarang sekali di temukan di perusahaan perusahaan pada umumnya.

6. Tidak mempertimbangkan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan lingkungan
apa akibatnya hal ini tidak dihiraukan? salah satunya adalah tidak tercapainya target, lingkungan yang berbeda pasti kebutuhannya beda, dan ini harus disesuaikan dengan referensi perusahaan. jadi setiap lingkungan kerja tidak akan sama kebutuhannya.

7. Pewawancara berbicara terlalu banyak
 Nah ini nih sob, dibanyak perekrutan ini banyak sekali terjadi, yah mereka terlalu banyak bicara,bukan hanya dalam hal merekrut salesman saja, tetapi juga dalam merekrut bidang lainnya.
sekarang cobalah membiarkan mereka berbicara banyak, mereka calon salesman kamu, ajukan pertanyaan, buat mereka berbicara setidaknya 60% maka kamu akan bisa menilai dari sana.

Berikut ini tips merekrut salesman Hebat

1. Mengetahui ciri sales akan direkrut
sebelem merekrut mungkin kamu berdiskusi dengan teman, dan rekan kerja , kamu bisa mendiskusikan bagaimana ciri ciri salesman hebat, dan mungkin saja salah satu teman memiliki salesman andalan dan mereka bisa menyampaikan ciri cirinya kapadamu.,

2. Carilah sales yang ingin sukses
yah motivasi untuk sukses adalah hal yang sangat penting, salesman yang berfikir jauh kedepan dan punya motivasi kesuksesan akan sangat bagus dalam kepribadian sales, jika mereka punya pikiran seperti itu usaha kita akan dibawanya ke pada kesuksesan itu tentunya bukan?

3. Belajarlah dari kesalahan sebelummnya
yah, mungkin diantara kamu mempekerjakan salesman karena mereka itu kerabat? atau teman lama? atau rekomendasi dari orang yang kamu kenal padahal kamu sendiri tidak benar benar tahu tentang kemampuannya itu, jadi jangan hanya karena dia dekat, lantas kamu tidak memperhatikan kualitas, ini lah yang banyak terjadi saaat in.

Nah mungkin untuk sekarang, hanya itu yang dapat kita bahas, dikesempatan lain kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai salesman, atau mungkin saleswomen SPG?

jangan lupa untuk menuinggalkan komentar yah sob.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2