Saluran pemasaran dan macam perantara yang membuat bisnis sukses!!

Saluran pemasaran dan macam perantara yang membuat bisnis sukses!!
Hallo sobat marketer.. Saluran pemasaran dan perantara akan menjadi topik ulasan kita pada tulisan ini.
SALURAN PEMASARAN:
Menurut ahli david a revzan mengatakan bahwa saluran merupakan suatu jalur yang dhlalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai. menurut the amercan marketing association saluran pemasaran merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui komoditi, produk atau jasa yang dipasarkan.

Macam macam perantara: perantara adalah mereka yang membeli dan menjual barang-barang mereka bergerak dibidang perdagangan dan pengecer.

baca juga:

5 Pemegang kepentingan yang lebih utama dalam bisnis!!!

* perantara pedagang. pada dasarnya perantara pedagang (merchant middleman) bertanggung jawab terhadap pemilikan semua barang yang dipasarkan.
lembagai yang termasuk golongan perantara pedagang adalah:
~ pedagang besar (wholesaler) : sebuah unit usaha yang membeli dan menjual kembali barang kepada pengecer dan pedagang lain atau kepada pemakai industri. pemakai lembaga menjual dalam volume yang sama kepada konsumen akhir.

beberapa pedagang besar itu:

1. grosir (wholesaler): orang yang membuka usaha dagang dengan membeli dan menjual kembali barang kepada pengecer, pembagian berdasarkan jenis barang yang dipasarkan yaitu grosir umu (the general line wholesaler) yang mempunya bermacam produk untuk diecerkan kepada pedagang. dan grosir khusus (the speciality wholesaler) yang hanya menjual barang khusus saja seperti: alat tulis saja.

2. pembagian berdasar luas daerah grosir, grosir lokal (the local wholesaler) grosis yang luas daerahnya meliputi kota tertentu atau tingkat kabupatan, grosir provinsi (the regional wholesaler) yang grosirnya dalam lingkup provinsi, grosir nasional (the national wholesaler) yang ini luasnya diseluruh wilayah suatu negara.

3. pembagaian berdasarkan kegiatannya. grosir pengumpul (the wholes collector) dia bertindak mengumpulkan barang tertentu 
keperluannya sendiri maupun pesanan pihak lain. grosir semacam ini biasanya berupa hasil pertaniang dan industri rumah tangga. grosir penuh (the service wholesaler ) grosir ini kegiatannya secara murni dan penuh menjalankan pembelian dan penjualan. grosir terbatas (the limited fuction wholesaler) grosir yang hanya menjalankan sebagian jasa dari yang seharusnya dilakukan grosir penuh. grosis truck (truck wholesaler) menjual barang dagangan dengan memberikan jasa pelayanan pengiriman barang seperti kesupermarket.
grosir pengiriman (dropshipper) yang melakukan penjualan barang dengan pengiraman langsung dari produsen kepada pembeli. grosir pabrik (manufakture wholesaler) disebut juga penyalur pabrik (industrial distributnr) penyalur yang menjual barang dagangan dengan menjadi pemasok keperluan industri (pabrik-pabrik). grosir pemesanan melalui pos (mail order wholesaler) grosir inh melakukan kegiatan penjualan barang dengan cara pesan melalui jasa pos.

~ pengecer (retailer): pengecer adalah sebuah lembaga yang 
melakukan ke4atan usaha menjual barang kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi (non bisnis)

* Perantara agen.

agen adalah lembaga yang melaksanakan perdagangan dengan menyediakan jasa-jasa fungsi khusus yang berhubungan dengan penjualan atau distributor barang tapi mereka tidak memiliki hak untuk barang yang diperdagangkan. dapat kita golongkan:
~ agen penunjang (faciliting agent) merupakan agen yang khususnya kegiatannya dalam beberapa aspek pemindahan barang dan jasa.
agen pengangkutan barang (bulk trans portation agent), agen penyimpanan (storage agent), agen pengangkutan khusus (speciality sipper), agen penjualan dan pembelian (purchase dan sales agent)

~ agen pelengkap (supplemental agent) berfungsi melaksanakan jasa-jasa tamchan dalam penyaluran barang dengan tujuan memperbaiki adanya kekurangan jasa yang dilakukannya seperti jasa pembimbingan, financial, informasi, khusus agen pelengkap: agen yang membantu dibidang keuang seperti bank dan agen yang membantu dalam pengambilan keputusan seperti 
biro iklan, peneliatian dokter. agen yang membantu penyediaan seperti tv, koran, radio dan agen khusus yang tidak termasuk kedalam 3 golongan diatas.

* Keuntungan menggunakan perantara.

~ mengurangi tugas produsen dalam kegiatan pendistribusian untuk mencapai konsumen
~ kegiatan distribusinya cukup bahk bila perantara sudah memiliki pengalaman.
~ perantara dapat membantu enyfiakan peralatan dan jasa reparasi yang dibutuhkan untuj jenis produk tertentu.
~ perantara dapat membantu dibidang pengangkutan dengan menyediakan alat transportasi.
~ perantara dapat membantu dibidang penyimpanan produk.
~ perantara dapat membantu dibidang keuangan dengan menyediakan sejumlah dana untuk melakukan penjualan secara kredit pada pembeli.

keuntungan lainnya:
membantu dalam pencarian konsumen, kegiatan promosi, penyediaan informasi, pengepakan dan pembungkusan, penyotiran.

* Peran saluran pemasaran:
ada beberapa hal yang mendorong perusahaan membuat keputusan mendelegasikan sebagian tugas penjualannya kepada perantara, 
namun perusahaan mendapat keuntungan:
~ banyak produsen tidak memiliki sumber keuangan untuk melakukan pemasaran langsung sehinha hanya bisa fokus ke produksi.
~ para produsen yang memang mendirikan salurannya sendhri sering dapat memperoleh laba yang
lebih besar dengan meningkatkan investasinya dalam bisnis utama dari mengeluarkan biaya untuk pemasaran produknya.
~ dalam beberapa kasus pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan menjual secera eceran langsung pada konsumen.
baca juga: 

Mendeskripsikan ruang lingkup penjualan langsung secara jelas!!!

nah itulah ulasan kita mengenai saluran pemasaran dan perantara, agen, ritel dan yang membantu mendistribusikan kita, ulasan ini mungkin berbentuk pengetahuan jadi bukan seni dalam pendistribusian pemasaran produk. dengan memahami semua saluran pemasaran diatas tentu sekarang kita mengetahui seluk beluk pendistribusian produk.. semoga saja anda dapat memahami dengan mudah dan dapat menyerap ilmunya.. semoga bermanfaat jangan lupa komentar yah..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2