Analisis pasar produk dan tujuannya yang sangat penting sekali!

Analisis pasar produk dan tujuannya yang sangat penting sekali!
Hallo sobat marketer.. Analisa atau analisis pasar memang perlu sekali kita lakukan sebelum membuat produk.. tema kali ini kita akan membahas analisis pasar ini.
analisis pasar adalah suatu penganalisisan atau menyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifat pasar dan karakteristik pasar. baca juga ini yah: Pemasaran dan penjualan riset pasar dan riset penjualan lihat ini!
didalam menganalisis pasar perusahaan perlu meninjau jenis-jenis pasar produknya. motif dan perilaku, segmen pasar dan penentuan sasaran pasarnya. masalah yang perlu dianalisis didalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, share pasar, serta peluang-peluang pasar.
mengenai besarnya pasar dapat ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap barang/jasa yang dibutuhkan konsumen.
mengenai ruang lingkup pasar biasanya mencakup luasnya pasar. ex: luasnya pasar menurut geografis, pendieikan konsumen, profesi konsumen, umur konsumen dkk. struktur pasar adalah susunan suatu kekuatan yang terdapat pada penjual maupun pada pembeli.

karena itu seorang manajer pemasaran harus menentukan keputusan. terlebih dahulu perlu menganalisis pasar karena tujuan tertentu:

* mengenal lingkungan pasar
* mengenal tipe pasar
* mengetahui karakteristik pasar
* menentukan keputusan yang tepat
* menghadapi para pesaing
* melaksanakan kebijakan pemasaran
* membuat program dalam bidang pemasaran
* mengenal ciri-ciri pasar

Ruang lingkup analisis pasar:
mencakup pengumpulan data dan fakta yang berhubungan dengan pemasaran dan penafsiran data dan fakta yang berhubungan dengan pemasaran, penyimpulan data dan fakta itu, pengendalian dalam bidang pemasaran.

sedangkan secara umum ruang lingkupnya.
1. barang dan jasa yang dipasarkan : barang yang diproduksi perusahaan berdasar analisis pasar yaitu.
* jenis dan sifat barang
* kuantitas dan kualitas barang
* merek dan harga barang
* desain dan model barang
* barang-barang industri dan konsumsi.

2. tujuan analisa pasar: 
ingin mengetahui siapa-siap yang memakai, menggunakan barang dan jasa, apakah barang-barang untuk dikonsumsi atau dijual kembali.

3. letak pasar: sifat dan karakteristik pasar seorang manajer pemasaran harus mengetahui tentang letak pasar, berikut sif
at dan karakteristik pasar yang akan dituju. dalam hal ini agar manejer pemasaran memudahkan melaksanakan target market, market strategi dan segmentasi pasar.

4. organisasi pembelian: disini seorang manejer pemasaran harus mengetahui siapa yang membeli barang, siapa yang menggunakan barang, siapa yang paling berpengaruh didalam pembelian barang itu..

5. kegiatan pembelian: meliputi dari siapa pembeli barang, dimana dilakukan, berapa harga barang, bila mana pembelian dilakukan, berapa banyak barang yang dibeli, bagaimana persyaratan pembelian dan bagaimana cara membelinya.

6. perkembangan pembelian: perusahaan harus mengetahui bagaimana perkembangan harga barang, bagaimana persediaan barang, bagaimana keadaan pesain, bagaimana permintaan dan penawarannya. 
7. saingan perusahaan: perusahaan harus mengetahui keadaan pesaingnya apakah ada saingan tidak sehat dan sebagainya.

8. pola pembelian: perusahaan perlu mengetahui dan mengkaji kebutuhan dan keinginan serta pola pembeliannya. pola pembelian konsumen d
ipasar sangat berbeda-beda. perencanaan pemasaran perusahaan sangat penting sekali bagi keberhasilan jangka panjang perusahaan dan sama pentingnya untuk manajer pemasaran yang mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. begitu juga analisis pasar, sangat perlu didalam menentukan keputusan yang efektif didalam bidang pemasaran.

itulah pembahasan kita sedikit mengenai analisa atau analisis pasar produk barang dan jasa. semoga bermanfaat jangan lupa beri komentar dibawah yah.. salam


Baca juga: Analisa pasar dan riset pasar penjelasan singkat dan padat!
Baca juga: Analisa pelanggan dalam kegiatan pemasaran sangat penting!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2