Faktor pendukung dan penghambat kegiatan usaha ternyata ini perlu anda ketahui!!

Faktor pendukung dan penghambat kegiatan usaha ternyata ini perlu anda ketahui!!
Hallo sobat marketer.. pada kesempatan ini faktor pendukung dan penghambat kegiatan usaha akan menjadi pembahasan yang merinci. pada umumnya sangat banyak faktor yang mempengaruhi kegiatan usaha ini oleh karena itu mari kita ulas:
Faktor pendukung keberhasilan usaha.
~ faktor manusia: kebahagiaan dan keberhasilan usaha merupakan cita-cita setiap manusia, manusia adalah orang-orang yang terlibat dalam usaha, oleh karena itu berhasil atau tidaknya usaha tergantung manusianya.
~ faktor keuangan: faktor ini merupakan penunjang dalam keberhasilan usaha/bisnis, keuangan digunakan sebagai operasional perusahaan, baik produksi, biaya-biaya, membeli bahan baku, promosi , pemasaran, penjualan. faktor ini menjaga kestabilan usaha.

~ faktor permodalan: perusahaan yang ingin maju dan ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya harus dapat menggali sumber permodalan perusahaan. modal perusahaan pada umumnya terdiri dari:
Menurut sumber a) modal sendiri: modal yang berasal dari perusahaan, termasuk pemilik perusahaan.
baca juga:

Sektor industri barang dan jasa: pengertian, klasifikasi, jenis dan kawasan.



b) modal asing: modal yang berasal dari luar perusahaan seperti kreditor/bank.


Menurut lama penggunaannya:
a) modal pasif jangka pendek: modal luar perusahaan yang harus dilunasi dalam jangka waktu dibawah 1 tahun.

b) modal pasif jangka panjang: modal luar perusahaan yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih 1 tahun.

~ Faktor organisasi.
organisasi merupakan wadah kegiatan yang ada dan perlu ada agar tercapai tujuan yang diharapkan. dalam organisasi perlu adanya wewenang dan tanggung jawab agar tindakan dan keputusan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. dengan adanya organisasi dapat:
mempertegas hubungan para anggota, menciptakan hubungan baik antara anggota, mengetahui akan tugas yang dijalankan para anggota, mengetahui kepada siapa anggota/karyawan harus bertanggung jawab.

~ faktor perencanaan
fungsi perencanaan untu merumuskan tujuan akhir, perencanaan yang baik adalah yang jelas, ringkas dan tegas serta mudah 
untuk dilaksanakan. perencanaan perusahaan merupakan alat pengawasan dan pengendalian dalam kegiatan usaha. sejak perusahaan didirikan, pengelolah usaha mulai merencanakan:
produk apa yang akan dibuat/dijual, berapa jumlah dana yang diperlukan, berapa jumlah produk yang akan diproduksi, karyawan yang diperlukan, kemana produk akan dilempar/dipasarkan?

~ faktor mengatur bisnis.
manajemen yang baik selalu berhubungan dengan pelaksanaan perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian, perusahaan yang sudah lama berdiri pada umumnya dapat menghindari hal yang merugikan.

~ pajak dan asuransi.
perusahaan yang teratur membayar pajak berarti membantu program pemerintah dan sekaligus perusahaan itu dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan perusahaan yang baik selalu mengansuransikan perusahaannya serta karyawannya. pihak asuransi akan mengganti resiko kerugian yang diderita perusahaan jika terjadi musibah sesuai polis yang dibuatnya.

~ faktor fasilitas pemerintah.
fasilitas yang diberi 
pemerintah untuk mempermudah didalam mengurus dan memperoleh segala izin usaha yang diperlukan. jaka perusahaan yang bersangkutan menunjang: pemasukan pajak, pembangunan daerah, sosial budaya, didalam mengentas kemiskinan, didalam ketenaga kerjaan, pembangunan pendidikan dll.

~ catatan bisnis
pengelolah usaha yang baik selalu mencatat segala kejadian yang berhubungan dengan bisnis bisa menyangkut: neraca, laporan laba/rugi, perubahan modal perusahaan, administrasi perusahaan, banyaknya karyawan, pemasaran dan penjualan, para pesaing, mitra bisnis, para pelanggan, pasar yang dituju, banyaknya persediaan dan lainnya.

Faktor penghambat keberhasilan usaha:
semula bisnis kita akan berkembang pesat akan tetapi seringkali terdapat buah durian, kita akan mengalami kesukaran dan penghambat. pada dasarnya faktor penghambat dalam usah itu:
pertama > kurangnya pengalaman didalam bidang usaha.
kedua > tidak tepat memilih jenis usaha.
ketiga > tidak adanya perencanaan yang tepat.
keempat > permodalan kurang.
kelima > 
tidak adanya dukungan pemerintah.
keenam > tidak mempunyai keahlian
ketujuh > tidak mempunyai semangat bisnis

kedelapan > tidak percaya kepada kemampuan diri.

Mengevaluasi peluang yang ada.
jika kita analisis pada zaman sekarang pada dasarnya bisnis perkotaan adalah pelayanan jasa seperti fitnes center. banyak contoh yang berkembang pesat bahwa semua jenis usaha yang mendatangkan kemudahan dan keuntungan akan disambut oleh konsumen yang sangat sibuk. adapun yang menjadi modal utam untuk menuai kesuksesan adalah:
~ pola berfikir yang mengarah kepada sikap dan kemamauan untuk sukses
~ kepribadian yang kuat untuk sukses
~ kecakapan dalam bekerja
~ menerapkan manajemen usaha yang baik
~ berani memikul segala resiko dalam bisnis.

Langkah langkah yang mantap dalam pengelolaan usaha:
~ seorang pengusaha /calon pengusaha harus mempunyai gambaran tentang pasaran hasil produksi.
~ menciptakan penyaluran distribusi yang bagaimana agar hasil produksi perusahaan anda cepat sampai kepada konsumen.
~ bagaimana cara 
memproduksi apakah dengan mesin ?
~ bagaimana cara pengawasan dan pengendalian produk?
~ cara memperoleh bahan baku?

~ bagaimana mengolah peralatan.
baca juga: 

Mengurus surat izin usaha perusahaan ini penjelasan secara rincinya!

nah itulah ulasan mengenai faktor-faktor pendukung usaha, faktor penghambat usaha dan cara mengelolah usaha. saya kira mudah dipahami. semoga saja bermanfaat.. jangan lupa beri komentarnya..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2