Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokumen dokumen perdagangan dan pemasaran perlu diketahui!

Dokumen dokumen perdagangan dan pemasaran perlu diketahui!

selamat datang di jp. pada kesempatan ini pembahasan kita adalah mengenai "dokumen perdagangan dan dokumen pemasaran" . setiap ada transaksi dalam pemasaran barang ada mengandung dokumen baik berbentuk surat, transaksi, penawaran, permintaan, faktur dan lainnya. kesemuanya perlu disimpan dan dipelihara sebaik mungkin sob.. jangan sampai hilang jangan sampai rusat, serta mudah ditemukan kembali.
Banyak cara yang ditempuh oleh perusahaan dalam menyimpan dokumen disebut filling system.
* filling system atas dasar jenis produk merupakan penyimpanan yang disesuaikan dengan jenis produk dari transaksi yang dilakukan. contoh setiap ekspor karet, maka dokumennya diarsipkan dalam dokumen "karet alam" begitupula yang lain.
* filling system atas dasar jenis dokumen, merupakan penyimpanan dokumen yang sama jenisnya dan dimasukan pada satu bendel, contoh: semua transaksi dimasukan dalam satu aundel dan diberi tanda ordersheet.
* filling system atas dasar tiap transaksi, merupakan semua dokumen yang menyangkut dengan transaksi dan disimpan dalam satu bundel, nantinya didapati surat menyurat transaksi perdagangan dan pemasaran.
* filling system atas dasar kombinasi, merupakan filling gcungan. cara pelaksanaannya yaiv pada tahap pertama dilakukan filling system atas dasar tiap transaksi, kemudian bundel bundel transaksi atas jenis produk. 
pada dasarnya penentuan filling system itu dapat dilakukan dan ditentukan sendiri asal saja memenuhi 3 syarat yaitu:

a. aman dan teratur supaya dokumen itu tidak hilang dan rusak
b. praktis, sehingga mudah untuk mendapat gambaran kronologis.
c. hemat dalam penggunaan bundel.

Macam macam dokumen perdagangan internasional:
A. kelompok dokumen induk, adalah dokumen inti yang dikeluarkan badan pelaksana utama perdagangan internasional:
* faktur perdagangan, merupakan alat bukti perhitungan atas suatu transaksi yang dilakukan antara eksportir dengan importir. berisi tentang:
~ jumlah barang
~ harga satuan
~ harga total
~ perhitungan pembayaran

* letter of credit atau L/C merupakan surat kredit yang dikeluarkan oleh bank devisa atas permintaan importir yang memberikan hak kepada eksportir untuk menarik wesel

* bill of lading atau B/L merupakan alat bukti penerimbn dan sekaligus penyerahan hak milik atas barang sebagai pelaksanaan transaksi antar importir dan eksportir.

* polis asuransi, merupakan tanda bukti pertanggung jawaban yang dikeluarkan oleh maskapai asuransi atas permintaan eksportir maupun importir untuk menjamin keselamatan barang.

B. dokumen penunjang, merupakan dokumen yang dikeluarkan untuk memperkuat keterangan yang terdapat dalam dokumen induk dalam faktur perdagangan.

Jenis jenis dokumen ini antaranya:
~ packing list daftar yang berisi rincian lengkap jenis dan jumlah suatu barang yang terdapat dalam tiap peti
~ weiht note merupakan pernyataan yang berisi perincian berat tiap peti
~ measurement list, merupakan daftar yang berisi ukuran dan takaran dari tiap peti yang biasanya menyebut volume tiap peti
~ inspection certificate, merupakan suatu pernyataan yang berisi keterangan mengenai mutu barang, jenis barang dan jumlah barang.
~ chemical analysis, merupakan suatu pernyataan yang dikeluarkan oleh laboratorium kimia dari perusahaan sendiri
~ test certificate, merupakan pernyataan yang dibuat oleh laboratorium perusahaan atau penelitian tentang uji coba barang.
~ manufacture's certificate, merupakan suatu pernyataan yang dibuat oleh produsen yang menyatakan bahwa barang itu adalah hasil produk yang membawa merek perdaganganx
~ certificate of origin, merupakan surat pernyatbn yang dikeluarkan instansi berwenang menyebutkan negara asal suatu barang.

C. dokumen pembantu, merupakan pembantu pelaksanaan tugas lanjutan.
~ instruction manual, merupakan keterangan terperinci mengenai manufacturing process komoditi
~ lay out scheme, merupakan gambaran denah tata letak mesin pabrik yang susunan sesuai urutan produksi
~ brochure, merupakan buku kecil yang berisi keterangan singkat mengenai produk yang memberikan informasi pada konsumen.

sekian pembahasan kita mengenai dokumen perdagangan dan pemasaran semoga menambah wawasan anda sob.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Dokumen dokumen perdagangan dan pemasaran perlu diketahui!"