Strategi Pemasaran/Marketing Strategy - (Penjelasan Lengkap!)

Strategi Pemasaran/Marketing Strategy - (Penjelasan Lengkap!)


Hai Sob, pada umumnya perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran Yang orientasinya pada konsumen. karena inilah yang bisa menguasai pasar dalam jangka yang panjang. dalam konsep pemasaran tujuan perusahaan dicapai melalui kepuasan konsumen yang diperoleh setelah kebutuhan dan keinginan konsumen dipenuhi melalui kegiatan pemasaran terpadu . ada 4 unsur pokok dalam konsep pemasaran yaitu orientasi pada kebutuhan dan keinginan, kepuasan, kegiatan terpadu, dan tujuan perusahaan. dalam pemasaran produk yang dihasilkan setiap perusahaan menjalankan strategi pemasaran sampai dapat mencapai tujuan yang di inginkan.

ada 3 tahap untuk menetapkan strategi pemasaran.
1. memiilih konsep yang dituju
2. mengidentifikasi keinginan konsumen
3. menentukan marketing mix karena marketing mix mempengaruhi keberhasilan perusahaan.

sob, ada beberapa pengertian tentang strategi pemasaran:
:: rencana terpadu dibidang marketing yang memberi kan panduan kegiatan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.
:: dasar dari tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran perusahaan dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang sering berubah agar bisa mencapai tujuan
:: alat fundamental yang direncanakan untuk tercapainya tujuan dengan mengembangkan keunggulan bersaing melalui pasar sasaran.

jadi strategi pemasaran adalah rencana yang terpadu sebagai dasar tindakan yang mengarahkan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan program pemasaran.

dibutuhkan 2 hal penting yang dapat menentukan berhasilnya strategi pemasaran yang dijalankan yaitu target pasar dan bauran pemasaran.

penentuan strategi pemasaran harus berdasarkan analisa lingkungan perusahaan. dan masing-masing memiliki faktor yang dapat menimbulkan kesempatan atau ancaman perusahaan. terdiri atas: keadaan pasar, persaingan, teknologi, ekonomi, sosial budaya, hukum dan pesaturan. dan faktor internal perusahaan menunjukan adanya keunggulan atau kelemahan perusahaan seperti: keuangan, produksi, personalia dan khusus bidang pemasaran terdiri: produk, harga, distribusi, promo dan pelayanan. analisa itu adalah penilaian strategi pemasaran yang telah ditetapkan. strategi pemasaran tidak terlepas dari strategi perusahaan keseluruhan. strategi perusahaan adalah suatu rencana induk yang merinci pokok pokok arah usaha perusahaan dalam mencapai tujuan dan mengatasi ancaman kini dan yang akan datang.

perumusan strategi perusahaan punya ciri:
~ titik tolak penyusunan melihat perusahaan scr keseluruhan
~ pertimbangan fleksibelitas menghadapi perubahan
~ dilakukan secara realistis dan relavan

adapun dimensi lingkungan yang memiliki pengaruh strateggis pada strategi perusahaan seperti: ~ lingkungan pasar
~ perlu memperhatikan faktor ukuran pasar, pertumbuhan, sistem distribusi, pola pembeli, permintaan musiman, segmen pasar
~ lingkungan persaingan
~ perlu paham siapa pesaingnya
~ lingkungan teknologi
~ perubahan teknologi
~ lingkungan ekonomi, demografis, sosial budaya, hukum dan peraturan. bagi perusahaan adanya strategi pemasaran dapat menjawab pertanyaan:
:: apakah perusahaan harus memusatkan perhatian pada pembeli tertentu saja?
:: apakah yang di inginkan oleh pembeli untuk memuaskan kebutuhannya?
:: bagaimanakah perusahaan akan mengkoordinasikan marketing mixnya?
:: marketing mix seperti apa yang baik dilaksanakan perusahaan?
~ apakah perusahaan perlu menghindari persaingan?

semoga menambah ilmu pengetahuan anda sob, salam marketer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 2